Rabu, 16 Januari 2019

RESEP MEMBUAT RENGGINANG MUDAH DAN RENYAH

Resep Membuat Rengginang Mudah dan Renyah - CAMILAN NUSANTARA


Rengginang merupakan makanan ringan tradisional khas indonesia yang sudah ada sejak lama. Rengginang adalah makanan ringan atau camilan yang sejenis dengan kerupuk. Rengginang telah menjadi camilan yang melegenda karena rengginang sudah dikenal dan populer dari dulu, selain rasanya yang enak, karena gurih dan renyahnya rengginang inilah yang membuat salah satu jenis kerupuk ini meiliki banyak penggemar. Untuk anda yang sudah penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat rengginang sendiri, berikut ini resep cara membuat kerupuk rengginang yang enak, renyah dan gurih.

Bahan-bahan:

1 kg beras ketan yang bagus
7 siung bawang putih
3 sdm garam
2 potong terasi mentah (pake yg shachet aja biar praktis)
400 mlair 

Langkah-langkah membuat Rengginang


  1. Pertama-tama Cuci bersih ketan. Lalu rendam ketan selama satu malam.
  2. Siapkan dandang. Setelah air dandang mendidih kukus beras ketan selama 15 menit atau hingga ketan mekar dengan menggunakan kain saringan. Agar mudah mengangkat beras ketan.
  3. Sambil menunggu ketan mekar. Panaskan air lalu Haluskan bawang putih garam dan terasi. Setelah air mendidih matikan api dan masukkan bumbu halus. Aduk rata.
  4. Angkat ketan yang sudah mekar. Masukkan kedalam air bumbu aduk rata menggunakan sendok kayu. Biarkan selama 15 menit hingga air bumbu terhisap habis oleh ketan.
  5. Siapkan kembali dandang lalu kukus ketan berbumbu selama 25 menit hingga ketan matang.
  6. Cetak ketan di atas nampan (sebelumnya nampan diolesi dl dengan minyak sayur agar ketan tidak menempel pada saat proses penjemuran nantinya) hingga ketan habis
  7. Jemur ketan diterik matahari. Balik rengginang apa bila sudah kering satu sisinya. Lakukan hingga rengginang benar-benar kering
  8. Goreng rengginang dengan minyak yang banyak dan panas sedang sambil digoyang goyang hingga rengginang mekar. 
  9. Rengginang siap menjadi camilan disaat waktu senggang.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar