PENGERTIAN, MANFAAT, dan CARA MEMBUAT KERIPIK DARI BUAH NANGKA

Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Kripik dari Buah Nangka - CAMILAN NUSANTARA

BUAH NANGKA
Nangka adalah buah-buahan yang memiliki kulit yang kasar berwarna hijau dan bertekstur seperti durian namun tidak memiliki duri setajam durian. Di dalamnya terdapat daging nangka yang berwarna kuning dan memiliki wangi yang sangat khas dan tajam. Buah nangka ini memiliki biji berwarna coklat dan berukuran cukup besar. 

Nangka memiliki rasa yang manis dan aroma khas nangkanya yang sudah tercium dari luar kulitnya. Ketika dibelah maka akan terlihat tumpukan nangka di dalamnya dan Anda dapat memakannya secara langsung. Nangka dapat dijadikan berbagai macam olahan masakan. Biasanya nangka yang kuning digunakan untuk campuran es teler, es cendol, atau dijadikan keripik. Tidak hanya daging buahnya saja yang dapat dimakan tetapi biji nangka ini juga dapat dijadikan camilan dengan cara menggorengnya atau direbus.

Rasa manis dan harum yang dikeluarkan oleh nangka membuat orang semakin banyak mengolah nangka untuk dijadikan makanan, minuman, atau camilan. Buah nangka yang sudah matang dan berwarna kuning cocok sekali untuk dijadikan sebagai hidangan camilan ataupun minuman. Sedangkan untuk nangka muda biasanya memiliki warna yang pucat dan dijadikan sayuran karena tidak memiliki aroma yang wangi dan tidak memiliki rasa. Biasanya nangka muda diolah menjadi gudeg atau sayur tewel.

MANFAAT BUAH NANGKA

Mengkonsumsi nangka setiap hari baik untuk tubuh karena nangka memiliki banyak kandungan gizi diantaranya vitamin C, vitamin A, kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi.

Manfaat Yang kita dapatkan saat mengosumsi buah nagka diantaranya :
  • Mencegah anemia
  • Memperkuat tulang
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengontrol tekanan darah tinggi
  • Sebagai penangkal kanker yang sangat baik
  • Memperbaiki sistem pencernaan
  • Menutrisi mata, dan
  • Baik untuk anda yang sedang diet

PENGOLAHAN BUAH NANGKA
Nangka yang sudah matang dan berwarna kuning tidak dapat bertahan lama. Sehingga perlu memiliki cara untuk menyiasatinya agar tidak cepat busuk. Biasanya cara agar nangka awet adalah dengan membuatnya menjadi keripik. Berikut cara menolah nangka menjadi kripik :

Bahan yang dibutuhkan:
  •     Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  •     Air 1½ Liter
  •     Kapur Sirih 100 Gram
  •     Garam 75 Gram
  •     Gula Pasir 150 Gram
  •     Minyak Goreng 2 Liter

Cara membuat:
  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta kotoran yang menempel, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Atau dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Setelah matang, simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Itulah salah satu cara mengolah nangka menjadi keripik nangka. Tetapi, jika Anda tidak begitu menyukai keripik anda dapat mengolah nangka menjadi makanan olahan lain seperti kue nangka atau mengolahnya menjadi es buah nangka. Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya