Sabtu, 26 Januari 2019

MENGOLAH KEONG MENJADI KERUPUK

Mengolah Keong Menjadi Kerupuk - CAMILAN NUSANTARA


Keong mas atau disebut oleh sebagian masyarakat sebagai siput murbai (Pomacea canaliculata Lamarck) merupakan salah satu ancaman bagi petani karena dapat menghabiskan tanaman padi muda dalam waktu semalam. Fertilitas yang tinggi dipadu siklus hidup yang pendek mampu membuat hewan ini bereproduksi dengan cepat dan adaptif terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam kondisi lapang, 6 ekor keong mas per meter persegi mampu mengurangi hasil panen sebanyak 15% dan kerusakan yang ditimbulkan berlangsung hingga 50 hari setelah penanaman. Namun di balik keberingasannya, keong emas menyimpan kandungan gizi yang tidak dapat disepelekan, bahkan hampir 40% berat tubuhnya terdiri dari protein yang merupakan zat pembangun makhluk hidup.


Kandungan Nutrisi
Keong mas juga diketahui mengandung asam omega 3, 6, dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar antara 16 hingga 50 persen. Bahkan hampir 40% berat tubuhnya terdiri atas protein yang merupakan zat pembangun bagi makhluk hidup. mengolah keong emas agar mudah dikonsumsi yaitu dalam bentuk kerupuk.

Kandungan gizi yang ada pada keong mas setiap 100 gram mengandung energi makanan 83 kalori, protein 12.2 gram, lemak 0.4 gram, karbohidrat 6.6 gram, abu 3.2 gram, fosfor 61 mg, natrium 40 mg, kalium 17 mg, riboflavin 12 mg, niacin 1.8 mg dan kandungan nutrisi makanan yang lain seperti vitamin C, Zn, Cu, Mn, dan Iodium. Selain sumber protein yang cukup murah dan terjangkau, keong mas telah lama dipercaya oleh masyarakat dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning ataupun liver. Pemanfaatan keong dalam hal makanan saat ini berupa sate, dendeng, pepes dan sambel.


Saat musim hujan populasi keong membeludak. Sehingga untuk mengatasi fenomena tersebut kita dapat mengolahnya menjadi kerupuk keong. Selain dapat bertahan lama, kerupuk keong memiliki rasa yang gurih.

Cara Membuat Kerupuk Keong :
  1. Pilih keong dengan kualitas baik, kemudian cuci keong hingga bersih lalu direbus beberapa saat hingga lunak,
  2. Didinginkan keong yang sudah matang, lalu dipisahkan antara daging dengan cangkangnya lalu dijemur hingga benar-benar kering di bawah terik matahari.
  3. Selanjutnya, giling daging keong yang sudah kering hingga menjadi tepung.
  4. Lalu campurkan Tepung keong dengan tepung tapioka beserta bumbunya yang terdiri dari bawang putih, garam, ketumbar, dan merica.
  5. Tambahkan air secukupnya pada adonan sehingga menjadi kalis
  6. Kemudian jadikan lembaran-lembaran tipis dengan alat pembuat lembaran adonan atau selinder kayu dengan ketebalan antara 1—2 mm,
  7. Kemudian potong-potong adonan yang telah menjadi lembaran-lembaran. (di sini anda juga dapat membentuk adonan kerupuk sesuai selera anda)
  8. Setelah selesai di bentuk, jemur adonan di bawah terik matahari hingga kering.
  9. Setelah kering (menjadi kerupuk mentah), siapkan wajan dengan munyak yang lumayan banyak.
  10. Kemudian goreng kerupuk hingga mengembang
  11. Kerupuk siap di nikmati.
  12. Untuk sisa kerupuk yang telah di goreng bisa anda simpan didalam toples kedap udara supaya teteap gurih.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar