MENGENAL SEPUTAR TEMPE DAN KERIPIK TEMPE

Mengenal Seputar Tempe Dan Keripik Tempe - CAMILAN NUSANTARA



Tempe, pasti kalian tidak asing dengan makanan yang satu ini. Tempe adalah makanan asli dari Indonesia. Kalau menurut Serat Centhini, sebuah syair yang menceritakan perjalanan anak-anak Sunan Kalijaga saat menjelajahi Pulau Jawa, tempe  lahir dari kawasan Jawa Tengah. Tapi, tempe khas malang adalah tempe yang saat ini terkenal paling enak.

Tempe adalah makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai yang dicampur dengan beberapa jenis kapang. Kapang tersebut yang membuat tempe merekat dan berbentuk padat. Tempe dapat diolah mejadi aneka macam sayur, lauk, bahkan camilan. Tempe sangat mudah didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau.

Tempe mengandung serat pangan, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin B, protein nabati, fosfor, mineral dan keratin yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi tempe sebanyak 50 gr bisa meningkatkan kadar gizi seseorang. Beberapa vitamin yang terkandung didalam tempe diantaranya, vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K.

Beberapa manfaat tempe bagi kesehatan 


  • Dapat membuat jantung tetap sehat karena mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh
  • Dapat melancarkan pencernaan, dan mencegah naiknya gula darah untuk penderita diabetes karena tempe memiliki kandungan
  • Mampu mencegah anemia karena tingginya kandungan mineral dan mudah diserap darah
  • Mampu menjaga tulang tetap kuat dan mencegah penyakit osteoporosis
  • Mampu menangkal adanya radikal bebas karena antioksidan dan antibakteri yang dikandungnya
  • Mampu mengikat racun dan kolesterol karena .tempe memiliki zat penawar antidotum atau anti keracunan logam berat
  • Vitamin B pada tempe bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah, meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf
  • Memiliki zat antibiotik dan antibakteri pencegah E-coli sehingga baik untuk mencegah diare dan kolera, dan lain-lain.


Makan tempe pada olahan apa saja tidak akan membuat anda kehilangan manfaatnya. Kita dapat mengolah tempe Kedelai menjadi gorengan, perkedel, sambal goreng, tempe bacem, mendoan, sayur tempe, kering tempe dan kreasi masakan Tempe lainnya. Salah satu olahan Tempe yang banyak digemari di Indonesia adalah Keripik Tempe. 

Keripik tempe merupakan camilan yang kaya akan gizi dan mudah cara pembuatanya. Keripik tempe dapat dinikmati sebagai pelengkap makan. Selain itu keripik tempe juga dapat dijadikan sebagai camilan di saat santai karena rasanya yang gurih.

Rahasia utama dari kerenyahan yang dihasilkan oleh Keripik Tempe adalah teknik mengiris Tempe dan teknik menggorengnya. Ketika mengiris Tempe usahakan jangan sampai merusak tekstur tempe dan irislah dengan tipis serta searah, kemudian balut tempe dengan adonan tepung bumbu, gorenglah dalam minyak kelapa sawit atau minyak nabati yang masih baru. Goreng tempe dengan kondisi minyak yang cukup banyak di wajan dan sudah panas.

Selain enak, Keripik Tempe juga memiliki kandungan gizi yang dihasilkan dari Tempe Kedelai sebagai bahan dasarnya. Selain itu Keripik Tempe juga tidak mengandung kolestreol yang tinggi karena digorengnya benar-benar kering sehingga minyak yang ada di dalam Keripik tidak sebanyak gorengan tempe biasa atau mendoan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya