Kandungan dan Manfaat Kacang Pistachio Bagi Tubuh

Kandungan dan Manfaat Kacang Pistachio Bagi Tubuh - CAMILAN NUSANTARA


Pistachio merupakan salah satu jenis kacang yang banyak terdapat di Asia Barat termasuk mediterania, dan saat ini secara umum sudah dikonsumsi di seluruh penjuru dunia. Kacang Pistachio berasal dari keluarga tanaman Anacardiaceae dari genus Pistacia. Pohon pistachio membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum bisa berbuah untuk pertamakalinya yaitu sekitar 10 hingga 12 tahun. Kacang pistachio tidak tergantung musim dan tersedia sepanjang tahun.

Kandungan Nutrisi Pistachio

Kacang pistachio mengandung beragam vitamin, mineral dan protein yang baik untuk tubuh. Dalam 1 ons kacang pistachio, kira-kira mengandung nutrisi sebanyak berikut:
  • 161 kalori
  • 7,8 gram karbohidrat
  • 6 gram protein
  • 13 gram lemak
  • 2,9 gram serat makanan
  • 0,4 miligram tembaga
  • 0,4 miligram mangan
  • 0,4 miligram vitamin B6
  • 0,2 miligram tiamin
  • 137 miligram fosfor

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa makan dua hingga tiga ons pistachio per hari dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh. Sedangkan studi lain menemukan bahwa makan pistachio membantu menjaga kadar gula darah tetap normal sehabis Anda mengonsumsi karbohidrat seperti nasi atau roti.

Manfaat Kesehatan Pistachio 

  1. Kacang pistachio tinggi antioksidan
  2. Mengontrol Berat Badan 
  3. Mencegah Penyakit Degenerasi Makula 
  4. Melancarkan Pencernaan 
  5. Membantu Penyerapan Zat Besi 
  6. Anti Peradangan/inflamasi 
  7. Menjaga Sistem Syaraf 
  8. Meningkatkan Hemoglobin 
  9. Mengendalikan gula darah pada Diabetes 
  10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 


Manfaat Untuk Kulit 

Menyehatkan kulit
Vitamin E dan antioksidan sangat penting untuk kesehatan kulit yang sehat dan nutrisi ini banyak terdapat dalam pistachio. Hal ini berperan mengintegrasikan antara membran sel, membran mukosa, dan membran kulit. Manfaat dari ini yaitu akan melindungi kulit dari sinar UV dari matahari yang berbahaya, sehingga mencegah penyakit kulit dan membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih indah. Vitamin E dan antioksidan dalam pistachio juga berperan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, sehingga mengurangi kemungkinan kanker kulit dan kulit hitam terbakar.

Anti-penuaan 
Vitamin E yang ada di pistachio bermanfaat membantu melawan proses penuaan pada kulit sehingga akan membuat Anda tampak lebih muda. Minyak yang terdapat dalam pistachio memiliki sifat emolien yang membantu melembabkan kulit sehingga menjaganya agar tetap kering.Biasanya ini digunakan sebagai minyak aroma terapi, minyak pijat, dll.

Sebagai Pelembab Alami 
Minyak pistachio adalah pelembab kulit alami yang sangat baik. Hal ini cenderung memiliki efek menghidrasi dan melicinkan kulit. Anda bisa mencoba mengganti pelembab yang biasa Anda pakai dengan minyak Pistachio untuk mendapatkan kulit yang halus dan halus alami.

Memberikan Cahaya Alami Kulit 
Pistachio mengandung cukup banyak jenis asam lemak esensial yang sangat penting untuk menjaga kulit yang sehat dan bercahaya. Sehingga dengan memasukkan pistachio kedalam diet rutin Anda bisa membantu untuk memastikan kulit Anda yang sehat dan bersinar.

Menyuburkan rambut
Masker rambut yang terbuat dari kacang pistachio mampu memberikan nutrisi dan memperkuat folikel rambut.

Efek Samping Mengonsumsi pistasio secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping buruk seperti : 

Penambahan Berat Badan 
Kacang pistachio bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan secara drastis jika Anda mengonsumsinya lebih dari jumlah yang dianjurkan setiap hari. 

Meningkatkan Tekanan Darah 
Mengkonsumsi pistachio panggang yang banyak ditambahkan garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Gangguan pencernaan 
Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika tubuh Anda bereaksi terhadap senyawa fruktan yang terdapat dalam pistachio. Gejala efek samping yang dihasilkan mungkin termasuk sembelit, kembung, sakit perut , perut kembung, dan diare.

Wah, Anda tidak menyangka bukan jika kacang yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang tidak terduga. Dengan mengonsumsi kacang ini, tidak hanya suasana hati ceria yang didapat, tapi juga tubuh sehat dan kulit yang cantik.


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya