Sabtu, 19 Januari 2019

EMPING MELINJO BAGI KESEHATAN TUBUH

Emping Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh - CAMILAN NUSANTARA


Melinjo adalah tanaman berbiji terbuka yang banyak dimanfaatkan biji serta daunnya. Melinjo dapat tumbuh subur di iklim yang kering atau tropis. Indonesia merupakan salah satu penghasil melinjo terbesar. Hampir di semua wilayah Indonesia bisa ditanami melinjo. 

Kegunaan melinjo yang utama adalah sebagai bahan makanan. Dari daun hingga buahnya bisa di olah menjadi makanan. Makanan yang paling sering menggunakan buah melinjo adalah sayur asem. Melinjo juga merupakan bahan baku untuk membuat emping. Tekstur buah melinjo menjadikan masyarakat menyukai makanan yang satu ini. Namun, kandungan dalam melinjo bisa meningkatkan kadar kolestrol Anda sehingga Anda harus bijak dalam mengkonsumsi melinjo dan berbagai makanan olahannya.

EMPING MELINJO

Emping adalah camilan yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia karena terkenal dengan cara pembuatannya yang cukup kreatif dalam pemanfaatan bahan baku alam.  Emping yang paling banyak memiliki cita rasa yang kuat adalah yang berasal dari buah melinjo. Emping melinjo memiliki rasa yang sedikit pahit dan gurih. Namun rasa emping melinjo akan berbeda  ketika emping sudah melalui proses pencampuran dengan menggunakan bahan baku lain, seperti campuran emping melinjo dengan emping singkong, maka rasa yang didapat justru lebih gurih. Biasanya emping dijadikan pelengkap soto betawi, soto mie atau gado-gado.

Emping selain nikmat sebagai camilan, emping melinjo memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, protein yang terkandung pada emping melinjo ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, kolesterol, penuaan dini, dan penyempitan pembuluh darah. 

Tetapi perlu diperhatikan juga jumlah dalam mengkonsumsi emping melinjo ini, karena jika terlalu banyak mengkonsumsi emping dampaknya tidak akan baik untuk kesehatan karena anda dapat terserang penyakit seperti asam urat dan darah tinggi. Oleh karena itu sebaiknya anda mengkonsumsi emping dalam jumlah yang wajar.

Resep Membuat Emping Melinjo

Berikut Bahan Untuk Membuat Emping Melinjo :

  • Buah melinjo 350 gr
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Daun jeruk purut 3 helai
  • Serai 1 batang, digeprek
  • Daun salam 3 helai
  • Lengkuas 1 ruas digeprek
  • Gula merah 3 sendok makan, disisir halus
  • Cabe merah kering 5 biji, dihaluskan
  • Bawang merah 8 biji, dihaluskan
  • Bawang putih 5 biji, dihaluskan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air bersih secukupnya


Berikut Cara – Cara Membuat Emping Melinjo :

  1. Tumis semua bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak goreng panas, dan tumis sampai harum.
  2. Setelah itu masukkan lengkuas, batang serai, daun salam serta daun jeruk purut kedalam tumisan tersebut. Diaduk sampai merata.
  3. Tuangkan air secukupnya kedalam masakan tumisan tersebut dan masak sampai kuah mengental.
  4. Berikutnya masukkan buah melinjo yang sudah digepengkan sebelumnya kedalam masakan tersebut, dan masak sampai bumbu meresap. Angkat dan biarkan sampai suhu panasnya hilang.
  5. Emping melinjo siap untuk dinikmati.
  6. Segeralah masukkan kedalam toples jika emping melinjo sudah matang dan didinginkan, supaya bisa bertahan dengan lama.

Demikian informasi seputar emping melinjo dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar