Cara Membuat Manisan Mangga Yang Enak dan Mudah

Cara Membuat Manisan Mangga Yang Enak dan Mudah - CAMILAN NUSANTARA


Manisan merupakan salah satu olahan yang berbahan dasar buah – buahan yang direndam dalam larutan gula beberapa saat. Manisan dibuat dengan tujuan untuk mengawetkan buah agar lebih tahan lama dari biasanya dan inovasi pengawetan seperti ini sudah ada sejak dulu.

Proses pembuatan manisan adalah dengan merendam buah ke dalam larutan gula yang menyebabkan kadar gula dalam buah tersebut meningkat serta kadar air dalam buah menurun, nah keadaan ini yang menyebabkan pertumbuhan mikroba perusak terhambat sehingga buah menjadi awet. Salah satu manisan buah yang sangat digemari adalah manisan mangga.

Saat ini hampir setiap rumah memiliki pohon mangga, nah saat musim panen mangga tiba biasanya hasilnya berimpah dan buahnya sering tidak termakan. Untuk menyiasati hal tersebut dan membuat buah mangga lebih tahan lama serta ingin menikmatnya dengan cara yang berbeda tidak ada salahnya jika Anda mengolahnya menjadi manisan.Manisan buah banyak sekali jenis dan ragamnya mulai dari manisan basah, manisan kering, manisan kedondong, manisan pepaya, manisan salak, manisan cermai, dan masih banyak lagi.

Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat manisan buah mangga. Untuk membuatnya tidaklah sulit dan memerlukan bahan yang sederhana. Langsung saja kita simak cara membuat manisan mangga beerikut ini :

Bahan – bahan yang diperlukan


  • 1 kg buah mangga setengah matang, kupas kulitnnya
  • ½ kg gula pasir
  • 250 ml air bersih
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • 2 gram natrium benzoat
  • ½ sendok teh garam dapur halus
  • 25 gram vanili


Langkah – langkah untuk membuat manisan mangga :


  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong buah mangga yang sudah di kupas, potong memanjang sekitar 5 cm. Jika daging buahnya masih keras Anda bisa merebusnya dengan air mendidih selama 2 menit kamudian tiriskan.
  2. Siapkan wadah untuk merendam buah mangga ke dalam air panas dengan perbandingan 1 liter air untuk 50 gram buah mangga, rendam selama 2 jam.
  3. Siapkan wadah lagi, lalu rendam buah mangga tersebut ke dalam air kapur selama 24 jam dengan perbandingann 1 liter air bersih untuk 1 sendok makan kapur sirih. Kemudian tiriskan.
  4. Buat larutan gula dengan campuran 250 ml air, aduk rata kemudian tambahkan garam dan natrium benzoat. Rebus larutan hingga mendidih.
  5. Masukkan buah mangga ke dalam larutan gula yang sudah mendidih, masak kembali hingga buah mangga setengah matang. 
  6. Setelah matang, lalu angkat dan biarkan selama 1 malam lalu panaskan kembali dan masukkan vanili ke dalamnya, aduk hingga semua bahan rata. Angkat dan diamkan lagi 1 malam.
  7. Tiriskan untuk mendapatkan manisan basah dan jemur kurng lebih 3 jam untuk menjadkan manisan mangga kering.
  8. Setelah kering, masukkan manisn mangga ke dalam wadah tertutup.

Tips

Untuk mndapatkan manisan kering yang bagus sebaiknya setelah mendapat manisan basah langsung dilakukan penjemuran di terik matahari agar pertumbuhan jamur ataupun kapang terhambat. Tetapi ketika musim hujan, Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti penjemuran di atas bara tungku dengan nyala api yang sudah diatur.

Itulah cara membuat manisan mangga segar dan sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Manisan mangga yang segar ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas atau pun saat santai bersama keluarga dan teman. Selamat mencoba


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya