Cara Membuat Manisan Buah Cermai Yang Sehat Dan Mudah

Cara Membuat Manisan Buah Cermai Yang Sehat Dan Mudah - CAMILAN NUSANTARA


Diartikel sebelumnya kami telah mengulas seputar buah cermai. Mulai dari pengertian, kandungan gizi, dan manfaat dari buah cermai. Berikut kami akan memberika tutorial membuat manisan dari buah cermai yang memiliki banyak gizi dan manfaat bagi tubuh. 

Langkah-langkah Membuat Manisan Cermai

Bahan-bahan:
-      Buah cermai yang cukup tua
-      Gula pasir
-      Air kapur
-      Pewarna makanan jika ingin diwarnai

Peralatan:
-        Alat penggilas/botol kosong yang bersih
-        Panci
-        Alat penimbang
-        Tampah

Cara pembuatan:
  1. Mula-mula buah cermai digilas dengan menggunakan wadah kosong yang bersih, sehingga air yang terkandung dalam buah cermai akan terperas keluar.
  2. Langkah selanjutnya, buah cermai tersebut direndam dalam air kapur selama satu malam (kira-kira dua belas jam), lalu dicuci bersih sampai air bekas cuciannya mempunyai warna bening kembali.
  3. Membuat air gula, yang terdiri dari satu kilo gram gula pasir yang dilarutkan dalam satu kilogram air matang. Air gula ini kemudian dimasak. Bila air gula sudah mendidih, buah cermai dimasukkan ke dalamnya dan rebus sebentar (kira-kira 30 menit), lalu diangkat bersama air rebusannya.
  4. Setiap hari selama empat hari berturut-turut, rebusan buah cermai ini dihangatkan serta dididihkan selama tiga puluh menit. Sehingga semakin lama warna buah cermai menjadi semakin merah, dan gulanyapun menjadi semakin pekat. Bila rasa buah cermai sudah dirasakan cukup manis (menurut selera si pembuat), dan ditiriskan dalam alat penyaring agar airnya menetes.
  5. Kemudian buah cermai diletakkan diatas sebuah nampan / tempat besar dan lebar, kemudian letakkan nampan di bawah terik matahari hingga buah cermai itu mengering.
  6. Buah cermai yang telah mengering dapat dikemas dalam tempat yang kedap udara. 
  7. Air gula bekas rebusan buah cermai dapat dididihkan lagi, dan dibuat selai roti.


Bagaimana? Mudah bukan cara membuat manisan cermai. Anda dapat mempraktekkannya di rumah. Manisan cermai ini selaik enak juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang tentunya baik bagi tubuh. Demikian informasi yang apat kami bagikan. Selamat mecoba dan semoga bermanfaat.


Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya