Rabu, 26 September 2018

Cara Membuat Permen Jelly Dari Agar-Agar Yang Mudah

Cara Membuat Permen Jelly Dari Agar-Agar Yang Mudah – CAMILAN NUSANTARA


Semua orang pasti menyukai sama yang namanya permen, terutama dikalangan anak-anak, karena selain rasanya yang manis permen ini juga sangat enak dimulut dan bikin mulut terasa wangi. Rasanya yang sangat bemacam-macam dan beraneka warna dan bentuk membuat permen ini kelihatan sangat cantik.

Permen jelly merupakan permen yang dibuat dari air atau sari buah dan bahan pembentuk gel, yang berpenampilan jernih transparan serta mempunyai tekstur dengan kekenyalan tertentu. Bahan pembentuk gel yang biasa digunakan antara lain gelatin, karagenan, dan agar.

Di Indonesia, gelatin masih merupakan barang impor, negera pengimpor utama gelatin adalah Eropa dan Amerika. Menurut data BPS 1997, secara umum terjadi pemanfaatan dalam industri pangan dan farmasi. Dalam industri farmasi, gelatin digunakan sebagai bahan pembuat kapsul. Dalam industri pangan, gelatin pun sekarang marak digunakan.

Gelatin adalah produk alami yang diperoleh dari hidrolisis parsial kolagen. Gelatin merupakan protein yang larut yang bisa bersifat sebagai gelling agent (bahan pembuat gel) atau sebagai non gelling agent. Sumber bahan baku gelatin dapat berasal dari sapi (tulang dan kulit jangat), babi (kulit) dan ikan (kulit). Karena gelatin merupakan produk alami, maka diklasifikasikan sebagai bahan bangan bukan bahan tambahan pangan. Namun tenang saja, di Indonesia sendiri sebagian besar gelatin yang dijual bukan terbuat dari babi karena ditinjau dari mayoritas penduduk yang beragama Islam.

Permen jelly ini di jual diberbagai tempat penjualan misalnya di warung, pasar, atau pun di swalayan. Cara membuat permen jelly juga tidak hanya dibuat oleh perusahaan pabrik saja. Banyak orang yang juga membuatnya dan menjualnya dalam skala kecil, seperti misalnya home industri atau bisa juga dibuat sendiri jika menginginkannya. 

Nah, berbicara permen jika kamu ingin membuat permen di rumah untuk sekedar buat dinikmati sendiri atau buat dikonsumsi banyak orang misalnya keluarga. Kamu bisa membuatnya di rumah, melalui resep membuat permen jelly yang bisa praktikkan di rumah.
Cara membuat permen jelly (sumber: pixabay)

Bahan – bahan yang diperlukan :
  • 3 bungkus agar-agar plain
  • 3 gelas air matang
  • 3 gelas gula pasir
  • Essens aneka rasa buah


Cara membuat permen jelly aneka rasa:
1. Pertama-tama masukkan bubuk agar agar, gula pasir dan air. Masak sampai mendidih, lalu aduk sampai gula benar-benar larut.
2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri essens sesuai selera dan rasa yang diinginkan.
3. Siapkan loyang, kemudian tuang adonan agar-agar lalu diamkan sampai mengeras.
4. Potong-potong adonan permen jelly agar-agar yang sudah mengeras, lalu jemur di bawah terik matahari.
5. Bila panasnya bagus 2 hari biasanya sudah kering betul dan berkristal. Jangan lupa di bolak-balik agar cepat kering.
6. Setelah kering, masukkan dalam wadah tertutup atau toples kedap udara, agar permen dapat bertahan lama.
7. Permen jelly agar-agar siap untuk dinikmati.

Tips
  • Cari pewarna yang terang, karena saat dijemur warna akan memudar namun tetap gunakan pewarna makanan yang aman.
  • Untuk menghindari semut saat penjemuran, olesi kaki kursi dengan lotion anti nyamuk.
  • Saat dijemur, tutup pakai kain kasa atau kain putih yang tipis. Jangan pakai plastik karena nanti akan mengembun.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar