Jumat, 14 September 2018

Cara Membuat Kue Astor Mini

Cara Membuat Kue Astor Mini – CAMILAN NUSANTARA


Siapa yang suka astor? Pasti semua orang suka dengan astor. Kue kering yang berbentuk bulat, panjang dan rasa yang manis dan gurih ini menjadi favorit orang-orang saat masa kecilnya dulu. Rasa nya manis dan renyah membuat kue astor ini disukai banyak orang, terutama di kalangan anak-anak. Saat ini kue astor ada berbagai macam rasa dan bentuk. Ada kue astor yang belang-belang dan berbentuk panjang, ada juga kue astor mini yang memiliki bentuk lebih kecil dan lebih pendek dari astor sebelumnya. Kue astor mini ini memiliki berbaai macam rasa, diantaranya rasa coklat, susu, stoberi, pandan, bluberry, dan sebagainya.

Kue astor mini ini biasa di jadikan camilan di waktu luang bersama keluarga maupun teman. Kue astor ini juga biasa di sajikan sebagai camilan penyambut tamu ketika hari lebaran. Kue kering ini bisa dijumpai dengan mudah di toko-toko kue dan supermarket. Tetapi jika anda ingin mencoba membuat kue astor ini sendiri, anda bisa mencoba resep dibawah ini.

Untuk membuat kue astor mini pertama-tama anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di toko-toko kue, supermarket mau pun warung-warung di sekitar rumah Anda. Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga dari bahan-bahan untuk kue kering astor dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Bahan – Bahan
  • 8 Butir telur (ambil putihnya saja)
  • 400 gr gula
  • 400 gr tepung terigu serbaguna
  • ¼ sdt garam10 sdt mentega tawar (cairkan)
  • ¼ cangkir + 2 sdm krim kocok kental
  • Pewarna makanan/pasta (sesuai selera)
  • Perasa/ekstrak vanilla

Cara Membuat
  1. Panaskan oven hingga 180o Celcius
  2. Sementara itu campurkan putih telur dan gula menggunakan mixer, Kocok dengan kecepatan sedang hingga mengembang.
  3. Turunkan kecepatan mixer, kemudian tambahkan garam dan tepung sedikit demi sedikit, dan aduk sampai rata.
  4. Tambahkan mentega, krim, dan vanilla, lalu aduk hingga rata.
  5. Tambahkan pewarna pada adonan secukupnya, lalu aduk hingga rata.
  6. Gunakan cetakan segi empat berukuran 3-6 inchi di atas Loyang, lapisi dengan kertas panggang atau mat pelapis Loyang panggang jika ada.
  7. Ambil satu sendok makan adonan polos ke dalam Loyang dan ratakan dengan spatula hingga membentuk persegi panjang, ulangi sampai adonan habis.
  8. Panggan adonan astor selama 6-8 menit hingga berubah warna keemasan.
  9. Setelah matang keluarkan adonan daro dalam oven. Kemudian potong pinggiran adonan dengan spatula, lalu balik adonan. Gulung adonan hingga membentuk tongkat berlapis, letakkan diatas permukaan yang bersih dengan lipatan menghadap ke bawah. Ulangi terus hingga adona habis.
  10. Diamkan adonan hingga dingin. Kue astor mini siap di santap.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar