Rabu, 02 Januari 2019

Pembuatan Krupuk Kulit Sapi atau Rambak

Pembuatan Krupuk Kulit Sapi atau Rambak - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk merupakan salah satu jenis makanan ringan sebagai pelengkap dalam makan. Kerupuk secara tradisional pada umumnya terbuat dari adonan tepung tapioka yang kemudian di beri perasa udang maupun ikan. Cara memasaknya pun sangat mudah dan bisa diterapkan oleh masyarakat awam. Oleh karena itu, tidak heran kerupuk menjadi salah satu makanan favorit dan bisa ditemui di berbagai warung makan dan restoran. 

Seiring dengan berkembangnya tren kuliner yang ada, kerupuk kini sudah berkembang menjadi berbagai jenis kerupuk. Selain kerupuk udang dan kerupuk ikan yang sudah terlebih dulu dikenal oleh masyarakat indonesia, kini ada juga kerupuk yang bahan utamanya menggunakan kulit hewan ternak yaitu sapi.

Kerupuk jenis ini dinamakan kerupuk rambak. Merujuk pada penggunaan kulit sapi sebagai bahan utama pembuatan kerupuk. Di berbagai daerah, kerupuk kulit sapi ini sangat diminati oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang enak, kerupuk kulit sapi ini juga bisa di jadikan sebagai cemilan yang sangat lezat. Banyak tempat oleh - oleh, terutama di daerah jawa timur yang menawarkan kerupuk rambak sebagai makanan khas untuk di bawa pulang. Inovasi dalam memasak dan kreativitas dalam mengolah kerupuk ini bisa di jadikan sebagai nilai lebih jika ingin memulai bisnis olahan kerupuk kulit ini. Masih ada banyak peluang dalam bisnis kerupuk ini. Mengingat kerupuk merupakan makanan favorit sebagai pelengkap di kala bersantap.
Berikut ini adalah resep sederhana dalam membuat kerupuk rambak.

Bahan yang diperlukan

• Kulit sapi diiris kecil ( Catatan : Banyaknya kerupuk bisa disesuaikan dengan banyaknya kulit sapi ada sesuai selera )
• Penyedap rasa sapi
• 1 buah bawang putih
• Garam dapur 3 sdm
• Soda kue 1 sdm
Ket : sdm ( Sendok Makan )

Langkah - langkah membuat Kerupuk Kulit

1.    Kulit sapi yang telah diiris kecil sebelumnya, direndam ke dalam sebuah baskom ukuran sedang dan di capur dengan penyedap rasa sapi, garam dan bawang putih.
2.    Diamkan selama kurang lebih 5 menit agar bumbu meresap pada kulit sapi hingga merata stelah itu jemur pada terik matahari agar hingga teksturnya mengering.
2. Setelah kulit sapi mengering,  goreng ke dalam wajan dengan api sedang agar kerupuk mekar, kemudian angkat dan tiriskan. ( Catatan : kerupuk kulit rambak bisa juga di goreng dengan menggunakan api yang besar agar mempercepat proses pemekaran kerupuk kulit sapi yang di goreng sesuai dengan selera )
3. Letakan kerupuk kulit sapi yang telah ditiriskan sebelumnya di atas kertas koran guna menghilangkan kadar minyak yang berlebihan.
4. Letakan dalam wadah yang tertutup rapat. Bisa dalam toples maupun dalam wadah yang mempunyai tutup yang rapat.

Selamat mencoba dan selamat berbisnis. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat bagi para pembaca.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar