Rabu, 21 Maret 2018

Resep dan Cara Membuat Keripik Buah Melon yang Renyah

Snack curah, distributor snack curah, grosir snack curah, supplier snack curah, agen snack curah, jual snack curah, reseller snack curah, harga snack curah, snack curah murah, dropship snack curah, pabrik snack curah, toko snack curah, harga grosir snack curah.

Resep dan Cara Membuat Keripik Buah Melon yang Renyah - Camilan Nusantara


Melon merupakan salah satu buah yang banyak di sukai karena rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak. Melon memiliki ukuran buah yang besar dan berbentuk bulat berwarna hijau. Melon banyak di jual di berbagai pasar ataupun supermarket  buah. Melon sering di nikmati langsung tanpa diolah terlebih dahulu, tapi di jaman sekarang banyak pelaku usaha yang memanfaatkan buah melon sebagai bahan produk makanan seperti keripik buah melon. Keripik buah melon sangat enak dengan tekstur renyah. Ini membuat para penikmat melon sangat menyukainya dan ingin membuat sendiri, nah.. bagi anda yang ingin membuat keripik buah melon anda bisa lihat resep dan cara membuatnya disini ya..

Bahan membuat keripik melon :
- 1 kg buah melon, pilih yang masih mengkal
- 2 liter minyak goreng
- 75 gr garam
- 150 gr gula pasir
- 0,75 gr natrium metabisulfit
- 100 gr gamping / kapur sirih
- 1,5 liter air bersih
- 7,5 gr asam sitrat

Cara membuat keripik buah melon:
1. Belah buah melon, kupas kulitnya dan iris menjadi potongan kecil sesuai keinginan.
2. Rendam irisan buah melon ke dalam larutan air kapur sirih/gamping selama kurang lebih 5 jam.
3. Kemudian angkat irisan buah melon dari dalam air kapur sirih/gamping, setelah itu dapat segera dicuci hingga bersih.
4. Tiriskan irisan buah tersebut hingga kadar air berkurang banyak.
5. Goreng irisan buah melon dengan menggunakan mesin vacuum frying (mesin penggoreng kedap udara) yang telah diberi minyak goreng sampai matang dan juga kering. Pemanasan minyak goreng dapat dipanaskan dengan suhu 80 – 90 derajat Celcius, suhu tak boleh terlalu panas agar terhindar dari gosong pada keripik melon.
6. Tiriskan dari minyak dan tunggu hingga benar–benar telah dingin.
7. Setelah itu simpan dalam toples, dan keripik melon siap dihidangkan.

Demikian langkah-langkah membuat keripik melon yang dapat anda praktekkan dirumah. Keripik melon yang renyah dengan citarasa buah yang segar bisa menjadi pilihan sajian camilan keluarga di rumah saat santai ataupun berwisata. Cocok juga dijadikan buah tangan untuk kerabat dan sahabat. Bahkan anda dapat menjualnya kembali dalam kemasan kecil dengan target pasar teman-teman, tetangga, relasi di sekitar tempat anda tinggal. Dan di era informasi yang sangat cepat ini andapun dapat menjualnya secara online lewat media sosial, marketplace ataupun media lain yang banyak tersedia di dunia maya. Selamat mencoba ya.. semoga sukses !!!

Baca juga artikel menarik berikut ini ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar