Rabu, 21 Maret 2018

Langkah-Langkah Membuat Emping Jagung Gurih, Enak dan Renyah

Snack curah, distributor snack curah, grosir snack curah, supplier snack curah, agen snack curah, jual snack curah, reseller snack curah, harga snack curah, snack curah murah, dropship snack curah, pabrik snack curah, toko snack curah, harga grosir snack curah.

Langkah-Langkah Membuat Emping Jagung Gurih, Enak dan Renyah - Camilan Nusantara


Jagung merupakan salah satu komoditi pertanian terbesar dan sering digunakan sebagai pengganti bahan pokok nasi. Selain mengandung banyak karbohidrat, pada 100 gram jagung yang dicerna 90% jagung memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti Kalori : 355 Kalori, Protein : 9,2 gr, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Besi : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, Air : 12 gr dan kandungan protein pada jagung lebih besar dari nasi.
Jagung juga banyak dijadikan aneka camilan seperti jagung gepeng dengan rasa asin yang enak dan renyah cocok untuk camilan saat santai bersama keluarga. Untuk resep dan cara buatnya, kami sediakan langkah - langkah yang bisa anda tiru disini.....

Bahan-bahan membuat jagung gepeng asin :
- Jagung
- Bawang putih
- Garam
- Minyak goreng
- Kapur sirih

Alat yang digunakan :
- Mesin pemipil emping
- Mesin pengepres emping
- Pengukus
- Panci
- Alat penjemur
- Baskom
- Wajan

Cara membuat jagung gepeng asin :
1. Pertama-tama hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan emping jagung adalah pemilihan jagungnya. Pastikan jagung yang dipilih adalah jagung yang tua dan besar.
2. Pipilah jagung menggunakan alat pemipil jagung kemudian bersihkan menggunakan air mengalir.
3. Rendamlah jagung selama kurang lebih 24 jam. Tujuan direndamnya jagung dalam waktu yang sangat lama ini adalah agar nantinya dapat mempercepat perebusan.
4. Setelah direndam, rebuslah jagung pipil menggunakan air yang telah dicampurkan air kapur 10% selama 2,5 jam. Dalam proses perebusan, selalu aduk-aduk jagung agar hasilnya matang merata.
5. Angkat jagung rebus kemudian cucilah menggunakan air bersih. Pastikan jagung dicuci hingga bau kapur tidak tercium lagi.
6. Proses selanjutnya adalah pengukusan jagung. Kukuslah selama kurang lebih 4 jam dan campurkan bumbu (garam dan bawang putih)
7. Setelah proses pengukusan, dinginkanlah jagung lalu pipihkan jagung menggunakan mesin pemipih. Lakukan sedikit demi sedikit agar hasilnya bagus.
8. Jagung yang sudah dipipihkan kemudian dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari.
9. Jagung yang sudah dijemur sudah dapat disimpan di plastik dan sudah dapat digoreng sesuai kebutuhan.
10. Jika anda menginginkan emping jagung dengan rasa, taburkan bumbu-bumbu sesuai selera sehabis emping digoreng dan selagi masih panas. Tujuannya agar bumbu meresap sempurna.

Itulah resep sederhana membuat emping jagung yang gurih, enak dan renyah. Silahkan praktekkan tahap demi tahap langkah pembuatannya.. nikmati prosesnya.. kerjakan dengan sepenuh hati, insyaa Allah akan dapat hasil yang diharapkan. Pasti lebih afdol menyajikan emping jagung ini untuk keluarga tercinta, dinikmati bersama saat bercengkerama dan bersantai di berbagai acara. Dan bila anda memiliki jiwa bisnis, produk inipun bisa menjadi peluang prospektif untuk dijual dalam kemasan kecil ke outlet di minimarket, di toko oleh-oleh, di tempat wisata, atau bahkan dijual online sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. So.. selamat mencoba n smoga sukses ya..

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar