Rabu, 14 Februari 2018

Cara Membuat Keripik Jagung Tortilla Renyah Dan Enak

Snack curah, distributor snack curah, grosir snack curah, supplier snack curah, agen snack curah, jual snack curah, reseller snack curah, harga snack curah, snack curah murah, dropship snack curah, pabrik snack curah, toko snack curah, harga grosir snack curah.
Memang sudah tidak heran lagi jika jagung di gunakan sebagai pokok pengganti nasi ataupun bahan dasar membuat aneka camilan enak yang banyak disukai masyarakat. Salah satunya ialah keripik jagung tortilla yang sudah banyak dijual di toko-toko camilan snack ataupun di mini market terdekat. Tapi jika anda ingin membuat keripik jagung tortila sendiri di rumah, anda bisa lihat dan tiru resep di bawah ini.

Bahan untuk membuat keripik Jagung Tortila :
- 1 Kg jagung
- ½ Sdm kapur sirih
- 4 Siung bawang putih
- ½ Sdm merica bubuk
- 1 Sdm garam halus
- 1 Sdm gula halus
- Penyedap Rasa
- Bumbu Tabur (Rasa BBQ, jagung bakar, keju, balado, dll)
- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat keripik jagung tortila :
1. Ambil jagung yang sudah terpisah antara bonggol dan biji jagung. Jika anda memproduksi jagung pipilan dalam jumlah besar bisa menggunakan mesin pemipil jagung.
2. Setelah itu buatlah larutan air kapur dengan cara memasukan ½ sendok makan kapur sirih ke dalam 1 liter air, berlaku kelipatannya.
3. rendam biji jagung ke dalam larutan air kapur selama 24 jam.
4. Setelah 24 jam angkat biji jagung, cuci hingga bersih dengan air bersih dan tiriskan hingga air berkurang.
5. Kemudian rebus jagung hingga lunak di dalam panci.
6. Setelah lunak angkat dan tiriskan lalu haluskan jagung dengan alat penggiling, namun jika anda tidak mempunyai alat penggiling anda bisa menggunakan alat manual yaitu dengan cara menumbuk.
7. Lalu masukan semua bumbu ke dalam 1 wadah dan aduk rata lalu masukan jagung yang telah halus dan aduk hingga bumbu tercampur sempurna.
8. Kemudian bentuk adonan jagung menjadi lembaran tipis agar jagung terasa renyah dan potong sesuai selera.
9. Jemur keripik jagung dibawah sinar matahari hingga kering namun jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan alat pengering seperti oven agar keripik lebih mudah kering tanpa bergantung dengan sinar matahari.
10. Setelah kering, keripik jagung siap utuk dijual dalam kondisi mentah atau anda bisa menggorengnya dan menjualnya dalam kondisi matang.
11. Setelah matang angkat dan tiriskan, gunakanlah alat peniris minyak agar keripik yang dihasilkan awet dan terbebas dari bau apek.
12. Setelah tiris, anda bisa menambahkan bumbu tabur dengan rasa yang anda sukai seperti rasa Barbeqiu, balado, jagung bakar, keju dan lainnya.
13. Simpan keripik jagung tortila ke dalam toples dan keripik siap di hidangkan.

Kunjungi juga artikel cara membuat Kerupuk Kulit Ikan Kakap renyah dan gurih DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar