Sabtu, 22 September 2018

Beberapa Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh - CAMILAN NUSANTARA


Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Meskipun dipandang sebagai sayuran, sebenarnya merupakan biji-bijian makanan. Pada masa sekarang ini, sudah banyak jagung yang menjadi komponen penting dalam makanan hewan ternak. Jagung merupakan sumber minyak pangan serta bahan dasar dari tepung maizena. Berbagai produk olahan hasil jagung menjadi sebuah bahan baku pada berbagai produk industri.

Jagung ialah salah satu jenis makanan dapat dengan mudah untuk dikenali dari bentuk fisiknya yaitu terdapat biji yang mempunyai warna kuning serta letaknya berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Terdapat berbagai cara untuk menikmati jagung ini, dapat dengan di bakar dan rebus. Jagung yang sudah berumur agak tua dapat dijadikan popcorn.selain itu jagung juga sering dijadikan berbagai macam olahan makanan seperti emping jagung, keripik jagung, dan yang paling terkenal adalah marning jagung. 

 Manusia membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas dan berpikir setiap hari. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat merupakan solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat antara lain gandum, beras, dan jagung yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh manusia. Jagung juga banyak menyimpan nutrisi lainnya selain karbohidrat. 
Dibalik rasanya yang enak, jagung juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Jagung

Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
Serat yang terkandung dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB tidak akan menyiksa lagi.

Memperkuat Tulang
Jagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat menutrisi tulang untuk lebih kuat dan kokoh. Jagung dapat meminimalkan resiko terkena osteoporosis.

Menjadikan Kulit Menjadi Awet Muda
Kandungan antioksidan dalam jagung yang melimpah dapat membantu untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Jagung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif agar kulit menjadi lebih awet muda dan tampil fresh.

Mencegah Anemia
Salah satu gejala anemia adalah sering pusing kepala. Jagung mengandung vitamin B dan asam folat yang berguna dalam mencegah anemia.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jagung mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang dapat berfungsi dalam mengontrol kandungan kadar kolesterol dalam darah serta mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Menyehatkan Organ Penglihatan
Jagung merupakan salah satu sumber beta karoten. Beta karoten merupakan merupakan pembentuk vitamin A dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi jagung dalam batas normal dapat membantu dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan organ mata.

Mencegah Diabetes
Jagung mengandung fitokimia yang dapat mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin dalam tubuh. Jagung merupakan salah satu makanan yang bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.

Mengurangi Resiko Wasir
Dalam secangkir jagung mengandung serat yang dapat mencukupi sekitar 18,4% serat dari jumlah kecukupan harian yang dibutuhkan dan dapat mencegah masalah pencernaan seperti ambeien dan sembelit. Serat dapat membantu melancarkan buang air besar, yang dapat merangsang gerak peristaltik serta merangsang produksi asam lambung dan juga empedu. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi kemungkinan terserang diare.

Menurunkan Kolesterol Jahat
Menurut Journal of Nutritional Biochemistry berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi minyak kulit jagung dapat membantu dalam menurunkan kolesterol LDL. Penurunan kolesterol jahat tidak berarti juga pengurangan kolesterol baik yang mempunyai efek menguntungkan untuk tubuh, termasuk dapat mencegah penyakit jantung.

Meningkatkan Energi
Jagung merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung juga dapat bermanfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Secangkir jagung mengandung sekitar 29 gr karbohidrat. Jagung cocok untuk atlet karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memberikan tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung beberapa jam sebelum berolahraga untuk mencukupi kebutuhan energi.

Menambah Berat Badan
Jagung cocok bagi orang yang ingin menambah berat badan. Untuk menambah berat badan perlu meningkatkan asupan kalori. Jagung kaya akan kalori dan karbohidrat yang membantu meningkatkan berat badan. Dengan demikian, jagung merupakan salah satu makanan alternatik yang kaya akan karbohidrat. Secangkir jagung mengandung sekitar 130 kalori.

Memperkuat Jaringan Ikat
Jaringan ikat terdiri atas tulang, ligamen, tendon, otot, serta tulang rawan. Jagung memiliki kandungan mangan mineral yang dapat memperkuat jaringan ikat. Kandungan mangan juga dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan memecah karbohidrat serta lemak untuk dapat menyediakan energi. Secangkir jagung mengandung sekitar 12% dari asupan harian yang direkomendasikan dari mangan. Jagung mengandung sebagian besar mineral seperti magnesium, besi, tembaga, dan fosfor yang diperlukan bagi kesehatan tulang.

Mencegah Kanker
Penelitian telah membuktikan bahwa jagung mengandung antioksidan yang dapat melawan dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, jagung merupakan sumber yang baik dari senyawa fenolik, asam ferulic yang efektif dalam memerangi tumor pada payudara dan hati.

Mencegah Penyakit Alzheimer
Jagung merupakan sumber timin, yang merupakan berperan dalam reaksi enzimatik pusat produksi energi dan fungsi sel otak. Hal ini diperlukan untuk sintesis asetilkolin, sebuah neurotransmitter yang penting untuk memori dan yang kekurangan dapat menyebabkan gangguan yang berkaitan dengan usia yaitu pikun dan penyakit Alzheimer.

Mengatasi Rambut Rontok
Minyak jagung memberikan kombinasi besar asam lemak dan nutrisi seperti vitamin E. Dengan demikian, minyak jagung dapat membantu untuk menjaga folikel rambut tetap terhidrasi, bergizi baik, dan mencegah penuaan dini. Antioksidan mencegah kerusakan sel dengan mengatasi radikal bebas. Oleh karena itu, minyak jagung efektif dalam mengatasi rambut rontok karena radikal bebas. Jagung mengandung vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium, sehingga mencegah rambut rontok.

Itulah beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian, jagung dapat menjadi makanan alternatif yang kaya akan manfaat. Jagung mengandung asam lemak yang tinggi dan tidak cocok bagi pengidap penyakit jantung. Kebanyakan mengkonsumsi jagung atau minyak jagung dapat memperburuk kondisi ini dan menyebabkan kenaikan berat badan.


Baca Juga :

1. Katalog Produk dan Price list aneka snack
2. Jual keripik ceker crispy
3. Agen keripik usus Surabaya
4. Grosir Onde-onde ketawa
5. Distributor pangsit abon crispy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar