Kamis, 05 April 2018

Manfaat Camilan Sale Pisang bagi Kesehatan

Manfaat Camilan Sale Pisang bagi Kesehatan - Camilan Nusantara


Sebagian orang mungkin tidak terlalu menyukai buah pisang. Kebanyakan orang lebih menyukai snack curah lainnya seperti keripik, kerupuk, stik, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Selain dikonsumsi secara langsung, ternyata pisang juga dapat diolah menjadi camilan/snack contohnya seperti sale pisang. Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Sale pisang merupakan salah satu snack curah yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki banyak kandungan.

Snack khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih ditambah lagi ada rasa manis-manisnya sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan saat bersantai. Sale pisang kaya akan kandungan vitamin, mineral dan karbohidrat. Kandungan lemaknya juga sedikit, sehingga tidak membuat mudah gemuk.Sale pisang banyak kita temui dalam bentuk pipih panjang dan lebar, baik dalam bentuk basah maupun digoreng kering dengan tepung.

Manfaat Sale Pisang untuk kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Buah pisang banyak mengandung vitamin A, B serta Vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin akan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit.
2. Dapat Mencegah Hipertensi
Kandungan Zat Kalium yang terdapat pada buah pisang mempunyai kemampuan untuk mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh sehingga tekanan darah jadi lebih terkendali. Kandungan seratnya mampu mengikat lemak dan dapat mencegah terjadinya timbunan plak pada pembuluh darah yang mengakibatkan hipertensi.
3. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan Vitamin C serta flavonoid dalam buah pisang bersifat sebagai antioksidan yang dapat mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan penyakit jantung. Kalium juga merupakan tonik bagi organ jantung. Dan pektin ikut berperan dalam menurunkan kolesterol sehingga kita terhindar dari penyakit jantung.
4. Menjaga Kesehatan Janin
Untuk Ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang karena buah pisang mengandung asam folat yang mudah diserap oleh janin. Asam folat sangat dibutuhkan untuk kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru serta mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin tersebut nantinya. Mengkonsumsi buah pisang pada masa kemilan dapat mengurangi muntah-muntah di pagi hari yang biasa terjadi pada ibu-ibu yang sedang hamil.
5. Mengatasi Kurang Darah
Kondisi kurang darah atau anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi. Buah pisang mengandung zat besi yang baik untuk mengatasi kurang darah. Dengan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari secara rutin, maka anda akan terbebas dari masalah kurang darah.
6. Mencegah gangguan pencernaan
Pisang memiliki sifat antasida serta mudah untuk dicerna sehingga baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit gangguan asam lambung. Penelitian terhadap hewan percobaan di Inggris telah menemukan bahwa hewan yang diberi makan berupa buah pisang memiliki dinding lambung yang lebih kuat. Dalam hal ini, pilihlah pisang yang rasanya manis seperti Pisang Sale, Pisang Raja dan pisang lainnya yang manis alami. Serat yang terdpaat pada pisang sale/salai dapat melancarkan buang air besar. Citamin B6 yang terkandung dalam buah pisang juga baik untuk meredakan gejala diare.
7. Pisang sebagai sumber tenaga.
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah pisang tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

Info aneka snack curah dan daftar harganya silahkan klik DI SINI ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar