Cara Membuat Keripik Gadung Enak Dan Renyah

Gadung merupakan salah satu jenis ubi jalar yang beracun. Gadung mengandung racun atau zat alkaloid yang biasa disebut dioscorin (C13H19O2N) yang dapat menyebabkan pusing atau mual. Oleh karena itu gadung biasanya dimanfaatkan oleh petani sebagai pestisida tanaman. Namun kali ini kita akan membahas tentang olahan camilan yang terbuat dari gadung yaitu keripik gadung. Kita akan membuat keripik gadung yang enak, gurih dan pastinya aman untuk di konsumsi. Nahh.. oleh karena itu proses pembuatan keripik gadung harus dengan benar dan teliti dan pengalaman mengolah gadung juga diperlukan agar tidak menimbulkan efek yang buruk atau negatif bagi kesehatan tubuh, apabila mengkonsumsi gadung. Berikut adalah cara membuat keripik gadung yang enak dan gurih ...

Bahan-bahan membuat keripik gadung :
- Umbi gadung
- Garam dapur
- Abu dapur
- Bumbu penyedap

Cara membuat keripik gadung :

1. Pilihlah umbi gadung yang masih segar. Lalu kupas kulitnya sampai bersih.
2. Iris tipis-tipis umbi gadung tersebut.
3. Taburi atau lumuri umbi gadung yang telah diiris tipis-tipis tersebut dengan abu dapur. Sambil agak diremas-remas sedikit agar lunak.
4. Jika sudah, jemur irisan gadung yang berlumur abu tersebut sampai benar-benar kering.
5. Jika sudah kering, rendam gadung tersebut di air yang mengalir selama 3 sampai 4 hari. Jika air perendaman tidak mengalir, maka perendaman gadung juga bisa dilakukan dalam air tidak mengalir, namun airnya harus diganti secara terus menerus setiap 2 jam sekali selama 3 sampai 4 hari.
6. Angkat irisan gadung tersebut, lalu cuci dengan air bersih. Kemudian rendam gadung dalam air garam (proses ini juga berfungsi untuk pembumbuan).
7. Jemur kembali gadung tersebut dibawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering.
8. Jika sudah kering, keripik gadung sudah siap digoreng.
9. Goreng keripik gadung dengan api kecil.

Lihat juga artikel kami resep Keripik Bayam yang enak dan gurih DISINI

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya