Minggu, 30 April 2017

Peluang Bisnis Camilan Kripik Buah Naga

Manusia merupakan makhluk hidup yang sempurna, disamping itu manusia juga merupakan makhluk yang mempunyai nafsu untuk mempertahankan hidup, contohnya dalam hal makan, salah satu sumber gizi manusia yaitu Buah. Buah merupakan salah satu makanan yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kita, karena beragam buah-buahan mempunyai kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Terutama bagi kita yang tinggal di Indonesia, mempunyai banyak sekali ragam buah yang enak dan juga menyehatkan.

Diantara banyak sekali buah yang ada di dunia, hanya satu yang menurut saya unik dan juga termasuk buah yang banyak memberi manfaat dan juga rasanya enak adalah buah naga. Buah ini berasal dari daratan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Berkembangnya waktu membuat buah ini dibudidayakan di Indonesia. Dapat kita jumpai di beberapa daerah seperti Bandung, Pasuruan, Malang, Batam dan beberapa daerah lain.

Kandungan Gizi

Sudah enak, bergizi pula. Inilah yang kita dapatkan jika mengkonsumsi buah naga. Tentu banyak sekali manfaat dan khasiat kesehatan yang dapat kita ambil dari mengkonsumsi buah naga ini. Berikut adalah kandungan Gizi yang terdapat pada 100gram Buah Naga :

Gizi Jumlah per 100gram % AKG harian Keterangan
Air 87g NA Sangat kaya akan air
Protein 1,1g 2,1%
Lemak 0,4g NA Tidak ada lemak
Karbohidrat 11,0g 3,4%
Serat 3g 12% Kandungan serat yang tinggi
Vitamin B1 0,04mg 2,7%
Vitamin B2 0,05mg 2,9%
Vitamin B3 0,16mg 0,8%
Vitamin C 20,5mg 34,2% Kandungan vit C 3x lebih banyak dari wortel
Kalsium (Ca) 8,5mg 0,9%
Besi (Fe) 1,9mg 10,6% Sumber besi yang baik
Buah Naga yang kaya akan gizi ini mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang dan gigi, mencegah kanker dan menghambat penuaan dini.

Peluang Bisnis Keripik Buah Naga

Seiring berkembangnya inovasi makanan, buah naga yang sehat dan enak ini dapat diolah menjadi camilan yang sehat yaitu keripik buah naga.  Walaupun harganya agak mahal, tapi peminatnya banyak lho. Keripik ini masih jarang dijual, peluang usaha pun terbuka apalagi dengan teknologi saat ini yang dapat memudahkan kita dari proses pembuatan hingga pemasaran.

Dengan Perkembangan jaman sekarang keripik sudah jadi bisa di share dan dijual melalui media sosial. Banyak tersebar halaman dan akun di social media yang dipakai sebagai ajang pengenalan dan promosi untuk berjualan. Atau juga pusat oleh oleh yang mempertemukan penjual dan pembeli dengan transaksi yang aman.

Cara Membuat Keripik Buah Naga

Tentu saja tidak akan rugi jika buah naga ini dibuat dalam bentuk keripik, selain mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh buah naga ini juga masih terasa enak lho jika dibuat dalam bentuk keripik. Mau tau cara membuat keripik buah naga? Baca tulisan ini sampai selesai.

Buah naga berwarna merah atau putih dapat dibuat menjadi keripik lho, bahan yang harus disiapkan adalah :

Buah naga seberat 10 kg
Minyak goreng 3 kg
350 gram gula pasir
100 gram garam halus
200 gram kapur sirih
Air putih secukupnya
Setelah semua bahan diatas siap, selanjutnya masuk ke proses pembuatan. Setelah ini kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat buah naga yang enak dan renyah :

Siapkan buah naga, ambil dagingnya saja dan pisahkan dari kulitnya.
ambil bagian daging buah naga dengan ukuran sedang, jika terlalu tipis akan hancur.
Campurkan kapur sirih dengan air secukup nya, aduk hingga merata.
Masukkan potongan buah naga ke dalam air kapur sirih dan tunggu selama 3 jam agar keripik menjadi renyah.
Setelah 3 jam, potongan buah naga dicuci dengan air bersih dan tiris, kemudian keringkan hingga benar-benar kering.
Bagian buah naga yang sudah kering tadi dimasukkan ke dalam mesin vacuum frying yang telah di isi minyak sebelumnya.
Tunggulah hingga minyak yang dimasukkan ke dalam mesin tersebut tidak berbuih, itulah tanda bahwa keripik buah naga sudah matang.
Keripik yang sudah matang diangkat dan ditiris d
engan mesin peniris minyak.
Rebus gula pasir dan garam di dalam air mendidih secukupnya, aduk terus larutan tersebut hingga merata dan larut.
Masukkan buah naga yang telah disiapkan tadi ke dalam rebusan gula tersebut dan aduk hingga merata.
Tunggu hingga keripik buah naga dingin.
Keripik buah naga sudah siap dipacking ataupun dikonsumsi langsung.

Tips terakhir, kita bisa menyimpan dalam toples atau langsung dihidangkan bersama keluarga tercinta, Juga bisa dijadikan sebagai pandangan untuk memulai usaha keripik buah naga. Cemilan Nusantara juga menawarkan produk kripik Buah naga dengan harga yang cukup bersaing bagi konsumen makanan ringan. Sekaligus menawarkan kesempatan untuk mendapatkan peluang bisnis bagi yang ingin berwirausaha membuka distribusi atau reseller makanan ringan khususnya dalam bidang cemilan. Untuk lebih lanjut mengenai cara pembelian secara retail atau grosir aneka kripik bisa lihat DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar