Minggu, 30 April 2017

Manfaat Keripik Nangka

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan
buah Nangka atau nama lain dari Artocarpus heterophyllus tergolong tumbuhan yang serbaguna. Khasiat Buah Nangka banyak sekali, diantaranya adalah batang pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai bahan furniture/parabotan rumah tangga, sedangkan buah nangkanya sendiri merupakan hasil favorit yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan cemilan sehari-hari. Sedangkan daun nangka dan biji buahnya juga bermanfaat bagi kesehatan apabila kita tahu kegunaannya serta aham akan cara mengolahnya.

Buah Nangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan energi yang tinggi, yaitu sebanyak 106 kalori untuk setiap 100 gram. Begitu juga kandungan karbohidratnya yang mencapai 27,6 gram serta protein sebanyak 1,2 gram, menjadikan buah ini layak dijadikan bahan pangan alternatif. disamping manfaat yang besar terkandung dalam buah nangka, kita juga perlu hati hati dalam  mengkonsumsi buah nangka karena terlalu banyak dapat menimbulkan gas dalam perut.

Kandungan Zat Gizi

Kandungan gizi kripik buah yang diproses dengan alat penggoreng sistem hampa tidak jauh berbeda dengan keadaan buah segar, karena diproses dengan menggunakan suhu rendah. Hasil analisis kandungan gizi per 100 g kripik buah sebagai berikut:

Total gula : 31,7 g
Protein : 3,0 g
Lemak : 8,6 g
Serat : 4,1 g
Vitamin : 63,3 mg
Kalori :216,4 kkal
Air :5.5 g.

Khasiat Buah Nangka juga kaya akan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun mencegah penyakit. Banyaknya kandungan vitamin A (sebanyak 51 RE) dan vitamin C (sebanyak 20 mg) dalam buah nangka ini sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat menjaga kesehatan mata anda.

Didalam Buah Nangka tersebut terdapat juga kandungan kalsium yang tinggi (20 mg) serta fosfor (19 mg), maupun mineral lainnya seperti zat besi (0,9 mg) yang sangat berfungsi sebagai anti oksidan, anti kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, serta melancarkan pencernaan.

Manfaat Buah Nangka untuk kesehatan juga terlihat dari kandungan kaliumnya yang cukup besar dan sangat berguna untuk mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi. Selain buahnya, manfaat Buah Nangka pada bagian lainnya juga banyak mengandung gizi yang sangat berguna bagi kesehatan. Diantaranya biji nangka, fakta menunjukkan bahwa nangka mengandung banyak karbohidrat, protein dan energi yang tak kalah besarnya dibandingkan buahnya. Begitu juga kandungan mineralnya, seperti kalsium, dan fosfor yang cukup banyak. Hal ini mendorong pengolahan biji nangka dalam berbagai ospek bentuk olahan, khususnya dalam bidang pembuatan menjadi tepung makanan. manfaat lain Buah Nangka juga dapat diambil dari bagian daun nangka yang banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Begitu juga dengan kayu pohon nangka yang bersifat kuat, mudah dibentuk, serta tahan terhadap rayap serta tidak mudah lapuk, menjadikan pohon nangka sebagai kayu pilihan. Kayu pohon nangka juga banyak digunakan untuk membangun rumah maupun digunakan dalam hal pembuatan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga, seperti kusen, daun pintu, ataupun meja.

BEBERAPA MANFAAT BUAH NANGKA YANG BISA KITA PEROLEH ANTARA LAIN :
- Buah nangka yang masih muda sering dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran, contohnya seperti sayur lodeh yang enak.
- Daun tanaman ini  juga direkomendasikan sebagai obat antidiabetes karena ekstrak daun nangka memberikan efek hipoglikemi.
- Daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI bagi ibu menyusui.
- Daun pohon nangka sebagai Obat oles luka luar.
- Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran yang mengandung albuminoid serta tinggi akan karbohidrat.
- Sedangkan biji nangka sendiri dapat digunakan sebagai obat batuk dan tonik.
- Biji nangka dapat diolah menjadi tepung yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran).
- manfaat kayu nangka sebagai antispasmodic dan sedative.
- Daging buah nangka sebagai ekspektoran.
- Daun nangka sebagai laktagog.
- Getah kulit kayu juga dapat digunakan sebagai obat demam, obat cacing serta berfungsi sebagai antiinflamasi.
- Pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai tradisi obat tradisional.
- Kandungan kimia dalam kayu adalah morin, sianomaklurin (zat samak), flavon, dan tannin.
- Selain itu, dikulit kayunya juga kaya akan senyawa flavonoid yang baru, yakni morusin, artonin E, sikloartobilosanton, serta artonol B.
- Bioaktivitasnya terbukti secara ilmiah mengandung empirik yang berfungsi sebagai antikanker, antivirus, antiinflamasi, diuretil, dan antihipertensi.


info detail produk aneka keripik dan harga silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar