Minggu, 30 April 2017

Cara Membuat Keripik Nangka

Apakah anda pernah membuat produk olahan keripik dari buah buahan? Indonesia dikenal sebagai negara penghasil buah buahan yang sangat variatif, Buah-buahan biasanya dibuat untuk dijadikan dodol, namun semakin kreatifnya dunia kuliner kita sekarang ini membuat orang untuk berlomba-lomba menciptakan ide baru, ada buah-buahan yang hanya diambil sarinya untuk dijadikan minuman, namun sekarang ini sudah banyak orang yang menjadikan buah-buahan untuk di proses menjadi keripik. Bahkan buah yang sifatnya basah seperti nangkapun kini sudah dapat diolah untuk menjadi keripik. Mungkin sebagian dari Anda semua ada yang sudah pernah mencicipi keripik nangka.

Dibawah ini kami sajikan cara pengolahan buah nangka menjadi produk keripik yang enak dan memiliki nilai jual yang tinggi. Mungkin juga dari anda ada yang sama sekali belum pernah mencicipi, bahkan belum pernah melihat keripik nangka. Keripik nangka sebenarnya sudah dikenal di Indonesia sejak lama, keripik nangka sering juga kita jumpai di beberapa toko oleh-oleh. Hal ini dikarenakan keripik nangka sangat cocok apabila dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat keripik nangka, keripik nangka biasanya disukai banyak orang karena rasa manisnya yang asli dan tidak berubah layaknya buah nangka yang belum diolah, keripik nangka sangat cocok untuk disajikan saat keluarga sedang bersantai menikmati acara tv ataupun disajikan untuk tamu.

berikut merupakan tahap untuk membuat keripik nangka

Bahan-bahan Cara Membuat Keripik Nangka :
siapkan buah nangka segar, yang tidak terlalu matang 1 kg
air 1½ liter
kapur sirih 100 gram
garam 75 gram
gula pasir 150 gram
minyak goreng 2 liter

Tips Membuat Keripik Nangka yang Gurih dan Renyah

Kupas buah nangka tersebut dan bersihkan kulit beserta serabut yang menempel, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih sekitar 5 jam.
Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan dengan suhu rendah yang tidak melebihi 90° Celcius.
Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat lalu tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah bau.
Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara agar rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Informasi tambahan : Penambahan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam ataupun madu.

Nah keripik nangka sudah siap disajikan untuk keluarga kita tercinta. Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik nangka dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal.

Selamat mencoba dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam membangun sebuah usaha. dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya pada saat musim-musim panas. Hal ini disebabkan karena keripik nangka yang dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari langsung hasilnya akan lebih bagus ketika digoreng nanti, sebaliknya keripik nangka akan keras apabila dalam kondisi belum kering namun sudah digoreng.

Produk keripik nangka banyak ditemui dikota Malang Jawatimur, dan sudah menjadi produk unggulan yang disukai oleh masyarakat terutama pengunjung wisata malang dan sekitarnya. Nah sekian dulu informasi mengenai cara membuat keripik nangka. Semoga bisa Anda jadikan satu referensi dan semoga bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

info detail produk aneka keripik dan harga silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar