Minggu, 30 April 2017

Berbagai Manfaat Dan Bahaya Konsumsi Kacang

MANFAAT DAN BAHAYA MENGONSUMSI KACANG-KACANGAN

Siapa sih yang nggak suka makan? Apalagi ngemil? Salah satu yang sering jadi bahan camilan kita adalah kacang. Karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau, kacang sering jadi andalan buat camilan. Kamu bisa memakannya dengan mentah, direbus, digoreng, atau disangrai. Tuh kan kacang juga bisa dinikmati dalam versi macam-macam. Hehe. Eh tapi, kacang juga punya nilai plus dan minus lho kalo sering-sering dikonsumsi. Hmm apa aja nilai plus minus itu?

Manfaat

-Menyehatkan jantung

Jadi segala jenis kacang yang kamu konsumsi ternyata bisa mengurangi resiko penyakit jantung lho. Soalnya kacang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang memengaruhi kesehatan kardiovaskular jantung. Apalagi nih buat kacang tanah yang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan asam oleat yang ramah terhadap kesehatan jantung.

-Mencegah anemia

Kacang, terutama kacang tanah mengandung zat besi yang penting banget buat pembentukan sel-sel darah merah di dalam tubuh, Kalo kamu kekurangan zat besi, kamu bisa terserang anemia lho.

-Merawat kulit

Lagi-lagi kacang tanah, Kacang ini kaya akan vitamin E. Vitamin E sendiri merupakan antioksidan yang bisa membantu menyehatkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

-Menjaga berat badan

Hmm kata siapa ngemil bisa bikin gemuk. Kalo kamu ngemilnya kacang sih beda lagi, Kacang bisa membantu program dietmu berjalan lancar. Ngemil kacang bisa bikin berat badanmu tetap stabil lho, Soalnya dengan konsumsi kacang, kamu akan merasa lebih kenyang jadi kamu nggak mau lagi buat makan makanan lain.

Bahaya

-Menyebabkan asam urat

Penyakit ini biasanya diderita sama orang-orang yang udah berumur, Tapi nggak menutup kemungkinan kalo kamu juga bisa terserang. Nah salah satu makanan pantangan buat penderita asam urat adalah kacang-kacangan,

-Overdosis vitamin E

Untuk salah satu jenis kacang, contohnya seperti kacang almond yang mengandung banyak vitamin E. Nah kalo kamu juga mengonsumsi makanan lain yang juga kaya akan vitamin E, seperti bayam dan telur, maka kamu akan kelebihan vitamin E, Terlalu banyak vitamin E dapat menyebabkan nyeri kepala, pandangan kabur, dan diare.

-Bahaya banget buat yang alergi

Buat kamu yang punya alergi terhadap kacang, sebaiknya hindari mengonsumsi kacang ya, Gejala alergi kacang bisa ditandai dari reaksi kulit, seperti gatal-gatal, atau kamu tiba-tiba mengalami gangguan pernapasan seperti asma.

Hmm ternyata kacang-kacangan punya banyak banget manfaat ya, Loopers. Tapi meski begitu kamu harus bijak dalam mengonsumsinya ya.
info mengenai aneka kripik dan camilan lain klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar