Bagaimana Cara Pelajar Bisa Bisnis Camilan Dalam Kemasan Kecil ?

Pelajar identik dengan jajan di kantin, tatkala istirahat teman-teman berduyun-duyun menuju kantin buat makan atau beli camilan. Nah, tak sedikit camilan yang dijual di kantin, bila kita sudah terlatih buat memanfaatkan peluang, camilan itu dapat jadi kesempatan untuk kita dan tak sedikit teman-teman memanfaatkan kesempatan jual camilan itu.

Hampir di tiap wilayah biasanya ada sentra kulakan snack. Camilan yg aku maksudkan di sini yaitu snack curah. Kita bisa melakukan pembelian cemilan itu dalam bentuk bal-balan atau kiloan, setelah itu dikemas kecil-kecil. Nilai tambah dari pengemasan inilah yang kita jual. Dalam satu kilo bisa kita jadikan sekian banyak bungkus kecil. Setelah itu cemilan dalam kemasan mungil itu kita titipkan ke kantin-kantin sekolah.

Lebih luas lagi, bukan cuma sekedar kita titipkan ke kantin saja, namun cemilan itu bisa kita titipkan ke warnet di sekitar sekolah, atau ke swalayan-swalayan. Tetapi ada sekian banyak hal yang mesti kita penuhi dahulu jika ingin menitipkan cemilan ke swalayan, yakni kemasan yang menarik, dalam kemasan mesti kita lengkapi dengan merk, nomor ijin dinas kesehatan, nomor kode produksi & tanggal kadaluarsa. Biasanya bila sekian banyak item itu sudah dipenuhi, maka kita bisa menitipkan cemilan ke swalayan. Namun, bila teman-teman cuma mau sebatas menitipkan cemilan ke kantin-kantin sekolah yang tak membutuhkan ijin dinkes & lain-lain, maka teman-teman bisa memperluas penjualan ke kantin-kantin sekolah lain.

Ya, lagi-lagi ekspansi penjualan jadi jawaban untuk menghasilkan margin laba yang lebih banyak lagi. Dalam bisnis ini kita juga dituntut buat getol melakukan pengecekan stock barang di kantin yang dititipi.
Untuk memudahkan pengecekan mintalah nomor telpon pemilik kantin yang bisa dihubungi. Kita mesti menjalin komunikasi rutin dengan pemilik atau penanggung jawab kantin. Ya, hal itu amat dibutuhkan buat merawat keberlanjutan dari bisnis cemilan ini.

Perlu teman-teman ketahui, segala sesuatu tersebut dimulai dari kecil. Kelak, tatkala teman-teman sudah menguasai pasar, konsumen sudah banyak, maka untuk meningkatkan income bisa diwujudkan dengan mendirikan perusahaan cemilan sendiri. Dengan mendirikan perusahaan kita bisa memberdayakan tenaga kerja & memperluas penjualan hingga ke luar kota, seluruh wilayah di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Terlebih lagi buat teman-teman SMK yang memiliki jurusan Tata Boga. Ya, kompetensi yang teman-teman miliki sungguh sayang bila tak langsung dipakai buat mendirikan bisnis sendiri. Kesulitan modal usaha yang biasanya sering terjadii bisa diselesaikan dengan mengadakan kerja sama dengan teman lain yang memiliki modal.

Modal memang benar-benar diperlukan, tapi bukan di urutan pertama. Yang pertama & lebih penting dari itu adalah  modal 'ILMU & KEMAMPUAN', tidak ada ilmu & kemampuan maka tak ada yang namanya usaha. Jadi, tingkatkanlah ilmu & keahlian teman-teman buat mendirikan bisnis sendiri. Ajaklah teman lain yang memiliki dana. Jadi, kerja sama ialah penyelesaian supaya sebuah bisnis bisa terwujud. Ada jalan lain juga buat menemukan modal dana, yakni dengan mengikuti lomba-lomba kewirausahaan. Namun, biasanya lomba-lomba itu mempunyai persyaratan yakni usianya lebih dari 18 thn. Jadi bagaimana untuk teman-teman yang masih berumur di bawah itu?

Begini, lomba wirausaha tersebut tidak sedikit macamnya, entah lomba membuat perencanaan bisnis (Business Plan), lomba Inovasi Bisnis, & penganugerahan wirausaha muda. Beragam lomba ini jelas saja memiliki peraturan yg berbeda-beda. Contohnya umur peserta, ada yang 18-25 thn. Dan juga lamanya usaha, contohnya bisnis itu beroperasi 3-24 bulan. Jadi, sembari menanti umur & masa beroperasinya bisnis untuk bisa memenuhi kriteria lomba tersebut, maka teman-teman bisa menjalankan ide bisnis dengan cara kecil-kecilan terlebih dahulu.
jual snack kiloan, grosir makanan ringan (snack), reseller cemilan unik, grosir snack surabaya, grosir snack curah bekasi, snack murah harga pabrik, snack curah jawa timur, grosir snack anak

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya