Minggu, 25 Oktober 2015

Manfaat Konsumsi Kacang Mete

Di Indonesia sendiri kita sering mendengar nama kacang mete, tentu nama ini tidak asing lagi di telinga kita. Kacang mete ini termasuk dalam golongan kacang kacangan yang terdapat dibuah jambu monyet, kacang mete ini sendiri sering digunakan sebagai olahan didalam pembuatan coklat batang , kue, masakan, hingga puding dan juga minuman.Tak hanya itu saja kacang ini juga bisa diolah secara tradisional yaitu dengan cara di bakar/dipanggang dengan bara api hingga terlihat berubah warna lalu dipisahkan dengan cangkang nya dengan cara dipukul hingga pecah kulit kerasnya. Disamping rasanya yang terkesan enak dan juga gurih, kacang ini paling diminati. Untuk soal harga, kacang ini tergolong kedalam kacang yang lumayan mahal. Hal tersebut bahkan tidak sedikitpun menyurutkan peminat kacang mete ini.

Hal tersebut terbukti pada setiap gerai yang menjual kacang ini serta banyak ditemukannya kacang mete dalam coklat ataupun kue-kue. Sebagian masyarakat indonesia bahkan juga berpendapat bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan bisa mengakibatkan yang namanya penyakit jerawat atau membuat tubuh jadi gemuk. Pernyataan horror tersebut tentu tidak berlaku terhadap kacang mete ini. Kacang mete dianggap sebagai makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Dan juga apabila jika kita konsumsi dalam jumlah yang moderat, kacang metebisa menjadi snack yang menyehatkan.

Selain Hal tersebut kacang mete juga kaya akan manfaat sama seperti aneka kacang kacang lainnya, Diantaranya adalah :
1. Mencegah Kanker
Kacang mete mengandung proanthocyanidins, jenis flavanol yang terbukti bisa mencegah sel kanker bereproduksi dan mematikan sel tumor. Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada mede juga membantu manangkal radikal bebas, sekaligus sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Menutrisi Rambut dan Kulit
Sepertinya manfaat dan bahaya makan kacang mete terlihat lebih banyak manfaat, pasalnya, kacang mede kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosinase. Enzim ini bertugas mengkonversi tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida. Selain itu, magnesium dalam kacang mete bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Risiko jantung koroner dan kardiovaskuler bisa ditekan dengan rutin mengkonsumsi kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi antioksidan.

4. Mencegah Batu Empedu
Bahaya makan kacang mete tak terbukti mutlak rupanya, ini dibuktikan lewat hasil studi oleh Nurses Health Study terhadap 80.718 wanita, diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu ons kacang setiap minggu, seperti kacang mede, maka ia akan memiliki risiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu.

5. Merawat Kesehatan Tulang
Manfaat makan kacang mete juga mengandung magnesium, zat selain kalsium. Selain itu, tembaga yang ada dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi ketika bergerak.

Dan juga manfaat terakhir yang paling penting untuk kita ketahui adalah meningkatkan fungsi otak, kacang mete berperan aktif dalam pembentukan sel dalam otak yang bisa meningkatkan jumlah oksigen yang diperlukan otak untuk bekerja normal. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal berkaitan dengan produksi sel otak. Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini, dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi akan kedua lemak tersebut.

Demikian ulasan tentang manfaat konsumsi kacang mete untuk kali ini. Apabila anda tertarik memulai bisnis sampingan kacang mete ini maka akan kami sediakan Info mengenai peluang bisnis kacang mete rumahan dan camilan lain bisa anda klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar