Ketahui Kandungan Dan Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih

Ketahui Kandungan Dan Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih – Camilan Nusantara


Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Bawang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis.

Di Indonesia, bawang putih sering dijadikan bumbu aneka masakan. Bawang putih bisa menambah citarasa masakan menjadi lebih enak dan sedap.  Tapi tahu enggak sih? Ternyata selain membuat masakan menjadi lebih sedap, ternyata bawang putih juga bisa menjaga tubuh dari berbagai penyakit loh. Terutama jika bawang putih dimakan secara langsung atau mentah-mentah!

Manfaat bawang putih ini terdapat karena banyaknya nutrisi yang aterkandung didalam bawang putih. Dalam 100 gram bawang putih kira-kira mengandung :
  • 4 kalori
  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,9 milligram  vitamin C (2 persen asupan harian)
  • 5,4 milligram  kalsium (1 persen asupan harian)
  • 0,1 milligram  mangan (3 persen asupan harian)
  • 0,4 mikrogram selenium (1 persen asupan harian)
  • sederet antioksidan seperti  flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Bawang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Tubuh.

1. Menurunkan kolesterol
Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.
Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih. Uniknya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

2. Mengendalikan tekanan darah
Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal sebanding dengan obat hipertensi generik. Sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol.
Manfaat ini lagilagi berasal dari kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih. Selain itu, bawang putih juga mengandung polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Menyehatkan jantung
Selain manfaat diatas, bawang putih juga bisa mencegah resiko penyakit jantung loh. Tinjauan ilmiah dari berbagai studi eksperimental dan klinis tentang manfaat makan bawang putih mentah menemukan bahwa bawang putih memiliki efek kardioprotektif (melindungi kesehatan jantung) yang signifikan pada hewan maupun manusia.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Salah satu cara bawang putih melindungi jantung adalah dengan mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang terbentuk akibat penumpukan LDL dalam darah.

4. Menurunkan risiko kanker
Dilansir  dari National Cancer Research Institute, beberapa studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan bawang putih dapat menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker lambung, usus besar, kerongkongan, pankreas, dan payudara. Hal tersebut karena Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan otak
Sebuah tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. FruArg dalam bawang putih bisa memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak. Ini artinya bawang putih menawarkan manfaat perlindungan bagi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap risiko penyakit neurologis, seperti demensia dan Alzheimer.

6. Mengatasi jerawat
Berbagai studi membuktikan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Berbagai sifat ini turut membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan rona kulit. Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih.

7. Memperkuat tulang
Manfaat bawang putih juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Studi lain pada wanita menopause menemukan bahwa pemberian bawang putih secara signifikan dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen, yang umumnya menyebabkan gangguan tulang. Hal ini membuat bawang putih juga dipercaya dapat memberikan efek baik osteoarthritis.

8. Melawan radang, pilek, dan batuk
Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan. Jika Anda sakit, mengkonsumsi bawang putih dapat mengurangi keparahan gejalanya dan membantu Anda lebih cepat sembuh. Berbagai penelitian juga melaporkan bahwa rutin makan bawang putih mentah mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit-penyakit umum di atas.

10. Mengatasi rambut rontok
Pada alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun, bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

Semua manfaat bawang putih di atas dapat Anda raup semudah mengunyah siungnya mentah-mentah. Sebab justru dalam kondisi paling segarnyalah, nutrisi dalam bawang bisa bekerja optimal. Mungkin mengkonsumsi bawang putih secara langsung tidak biasa bagi anda, tapi mengolah bawang dengan memasaknya justru akan menghilangkan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalam bawang putih. Namun jika tidak ingin terus-terusan mengkomsumsi bawang ptih secara langsung, anda bisa menyelinginya dengan mencampurkan bawang putih ke dalam masakan anda. Semoga bermanfaat. J



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya