Ternyata Ikan Laut Lebih Bagus Untuk Perkembangan Otak Dari Ada Ikan Air Tawar Lho

Ternyata Ikan Laut Lebih Bagus Untuk Perkembangan Otak Dari Ada Ikan Air Tawar Lho – Camilan Nusantara


Suka makan ikan? Suka aja atau suka banget? Kalau boleh Ntip tahu nih, jenis ikan apa sih yang lebih sering diolah? Nah kalian pasti merasakan mengolah daging ikan memang gampang-gampang susah, terutama menghilangkan bau amis, duri, juga membersihkan sisik. Hal ini juga sangat perlu dilakukan agar ikan yang akan diolah menjadi semakin nikmat!


Ikan merupakan sumberdaya hayati yang memiliki potensi pengembangan yang besar terutama di Indonesia. Ikan telah menjadi komoditas yang dikenal luas oleh masyarakat dan dimanfaatkan terutama sebagai bahan pangan maupun non-pangan. Ikan memiliki kandungan protein dan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga ikan merupakan bahan makanan yang bernilai gizi tinggi serta mudah dicerna.

Ikan sendiri termasuk dalam anggota vertebrata atau hewan yang memiliki strukrur tulang belakang. Nah, dalam klasifikasi vertebrata, ikan juga digolongkan dalam jenis poikilotermik atau hewan berdarah dingin. Hewan berdarah dingin sendiri merupakan hewan yang suhu tubuhnya dipengaruhi oleh lingkungan tempat ia berada.

Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Ikan di bagi menjadi dua jeni, yaitu ikan laut dan ikan air tawar. Ikan gurame, ikan mas, lele, serta nila adalah jenis ikan air tawar. Sementara itu kakap, bawal, tuna, salmon, tongkol, tenggiri dan kerapu adalah jenis ikan laut (ikan asin). Lalu apa sih perbedaan antara ikan laut dan ikan air tawar? Simak penjelasan di bawah ini yuk.

1. Rasa
Rasa dari kedua jenis ikan (ikan laut dan ikan air tawar) mempunyai cita rasa khas. Biasanya ikan laut mempunyai rasa yang lebih alami karena habitatnya berada di dalam air asin. Oleh karena itu, kalian hany perlu membutuhkan bubu sederhana untuk menghidangkan ikan laut yang lezat. Berbeda dari ikan laut, untuk pengolahan ikan air tawar kalian perlu membutuhkan berbagai bumbu yang menghasilkan aroma sedap. Karena apabila proses pengolahannya kurang tepat bisa berakibat pada aroma yang kurang sedap seperti bau lumpur. Nah tips jitu untuk atasi jeruk nipis atau lemon sebagai bumbu lumur sebelum masak ikan air tawar ini.

2. Duri
Faktor lingkungan tentu berpengaruh pada struktur tulang dari setiap makhluk hidup. Ikan laut telah terbiasa berenang di arus yang sangat kuat sehingga ikan laut mempunyai struktur tulang/duri yang berukuran besar. Nah sebaliknya, jenis ikan air tawar terbiasa di arus yang tidak terlalu kencang. Oleh karena itu tulang/durinya lebih kecil dan halus daripada ikan air laut.

3. Kandungan Nutrisinya
Mengosumsi daging ikan bisa mencerdaskan otak, hal ini karena Ikan memiliki kandungan omega 3 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan sel otak. Baik ikan air tawar maupun ikan air laut, dari keduanya sama-sama mempunyai mempunyai kandungan omega 3. Namun Ikan laut mempunyai kandungan omega 3 yang lebih tinggi. 
“Sebenarnya perbedaan ikan laut dan ikan air tawar hanya omega-3nya saja tetapi kalau soal kandungan protein dua-duanya air tawar maupun air laut mempunyai kandungan yang hampir sama," ujar ahli gizi, Profesor Ali Khomsan.
Alasan mengapa kandungan omega 3 ikan laut lebih tinggi dari ikan air tawar adalah karena ikan laut berupaya mempertahankan suhu tubuh dengan kandungan lemak atau minyak tetap cair pada suhu laut dalam yang sangat rendah. Selain itu, kandungan iodine/yodium dari ikan laut juga lebih tinggi daripada ikan air tawar.

Demikian perbedaan ikan air laut dan ikan air tawar. Sudah tahu kan bagaimana beda ikan air laut dan ikan air tawar? 🙂 Semoga  bermanfaat.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya