Resep dan Tips-Tips Menolah Udang Menjadi Kerupuk Yang Enak

Resep dan Tips-Tips Menolah Udang Menjadi Kerupuk Yang Enak – Camilan Nusantara


Kerupuk udang ialah jenis makanan ringan yang dibentuk dari tepung tapioka dengan gabungan udang yang dihaluskan dan diberi bumbu rempah rempah sehingga rasa dan aromanya menjadi gurih dan khas udang. Jenis udang yang dipakai untuk membuat krupuk udang biasanya adalah udang rebon yaitu jenis udang kecil. Kerupuk udang biasanya disajikan dengan bubur ayam atau hanya sekedar lauk tambahan nasi.

Krupuk udang biasanya dijual dalam keadaan mentah. Dan kerupuk Udang yang di jual juga memiliki berbagai ukuran, yaitu ukuran kecil, sedang, dan besar. Kerupuk udang mudah di jumpai di toko, atau agen kerupuk, atau pasar tradisional di dekat rumah. Harga kerupuk udang mentah juga cukup terjangkau oleh kantong.

Penghasil kerupuk udang biasanya terletak di daerah pesisir pantai yang banyak menghasilkan udang. Beberapa krupuk udang yang terkenal ialah Kerupuk udang sidoarjo, kerupuk udang indramayu dan kerupuk udang cirebon. Pabrik krupuk udang di daerah-daerah tersebut kebanyakan merupakan home industri. Kerupuk udang homemade juga lebih higienis dan sehat karena terjamin semua bahan dan proses pembuatannya.

Proses cara pembuatan krupuk udang sebenarnya cukup sederhana hanya saja memerlukan proses yang cukup panjang. Simak Resep dan Tips-Tips Menolah Udang berikut agar kerupuk udang buatan anda bisa lezat, gurih, dan renyah.

1. Pilih bahan utama dengan kualitas terbaik
Untuk apa membuat camilan sendiri jika tidak menggunakan bahan-bahan yang terbaik? Gunakan udang segar yang berukuran sedang untuk rasa terbaik. Selain itu, udang sedang juga kan lebih mudah dikupas dan dibersihkan. Selanjutnya, pilih tepung tapioka yang masih bagus yaitu tidak apek dan kering.

2. Mengadoni dengan tepat
Persamaan antara kerupuk udang dan siomay/pempek adalah tekstur adonan yang sama-sama kalis. Perbedaannya yaitu siomay/pempek yang bertekstur akhir lentur dan empuk.  Sementara kerupuk haruslah renyah. Kuncinya terletak pada proses pengadukan adonan. Campur dahulu tapioka bersama udang dan bumbu-bumbu hingga tercampur sempurna. Baru kemudian masukkan air dan telur, lantas uleni hingga kalis. Adonan yang merata seperti ini menghasilkan kerupuk yang renyah namun tidak keras.


3. Mengukus adonan kerupuk
Sebelum diuleni hingga kalis, adonan kerupuk perlu dikukus dulu hingga benar-benar matang dan padat. Oleh karenanya, proses mengukus bisa memakan waktu lama hingga beberapa jam. Bungkus adonan kerupuk yang telah kalis dengan daun pisang dan bentuklah jadi gulungan besar. Baru kemudian kukus adonan hingga matang. Setelahnya, biarkan adonan hingga dingin atau bersuhu ruang.

4. Menjemur kerupuk secara alami
Pastikan anda membuat kerupuk udang ini di musim kemarau karena ia harus dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah adonan kerupuk dingin, irislah tipis-tipis. Jemur kerupuk di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering, kurang lebih selama 1-2 hari. Tujuan penjemuran ini adalah supaya kerupuk akan bisa mengembang sempurna ketika digoreng dan tidak ada bagian yang keras/bantat.

5. Menggoreng Kerupuk dengan dua tahap
Agar bisa mengembang secara maksimal, goreng kerupuk dalam dua tahap. Pertama, goreng di dalam minyak dengan api kecil hingga setengah mekar. Lalu, angkat dan tiriskan. Setelah itu kerupuk bisa anda goreng kembali dalam minyak panas hingga mekar. Agar tidak ada bagian yang bantat, jangan goreng terlalu banyak kerupuk dalam satu penggorengan yang sama ya. Pastinya, gunakan minyak dalam jumlah yang banyak.


Itulah Resep dan Tips-Tips Menolah Udang yang mudah renyah, gurih, dan dijamin  bikin ketagihan. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya