Cara Membuat Kue Bidaran Ketan Wijen Enak Dan Sederhana

Cara Membuat Kue Bidaran Ketan Wijen Enak Dan Sederhana – Camilan Nusantara


Kue bidaran adlah kue jaman dulu yang masih eksis sampai sekarang. Kue bidaran ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue yang termasuk kedalam kue kering ini sering disajikan ketika hari besar seperti hari lebaran, hari raya natal, dan hari besar lainnya. Rasanya yang enak membuat kue bidaran ini disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue bidaran ini memang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja, mau sendiri ataupn rame-rame bareng keluarga atau teman. Kue bidaran memiliki beberapa macam rasa, diantaranya kue bidaran keju, bidaran manis, dan bidaran wijen.

Kue bidaran wijen terbuat dari tepung ketang yang di campur dengan beberapa adonan kemudian di tampahkan wijen di bagian luarnya. Rasa kue bidaran wijen ini memang hamper mirip dengan kue keciput karena sama-sama terbuat dari ketan dan taburan wijen di luarnya. Tak heran beberapa orang menyebut ini kue keciput. 

Kue bidaran wijen ini bisa anda beli di toko snack, di swalayan dekat rumah anda atau di toko oleh-oleh. Namun bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuat kue bidaran wijen ini. berikut kami sajikan resep membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
– 500 gr Tepung Ketan
– 2 Butir Telur
– 110 gr Gula pasir
– 1 sdt garam
– 1 sdt emulsifier
– 1 sdt baking powder
– 5 sdm Air kapur sirih
– Air secukupnya
– Wijen secukupnya
– Minyak goreng

Cara Membuat :
  1. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga putih dan mengembang.
  2. Masukkan tepung ketan, baking powder,air kapur sirih aduk dengan menggunakan spatula
  3. Tambahkan air sampai adonan kalis dan bisa di pulung.
  4. Ambil sedikit adonan, pilin seperti memilin bidaran (bentuk seperti gambar diatas) gulingkan ke wijen lalu goreng sampai kecoklatan.

Tips :
  • ketika menggoreng gunakan api sedang sehingga kue bidaran yang dihasilkan warnanya agak kecoklatan tidak gosong. Untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan wijen pilihan. Letakkan di dalam wadah dengan dialasi kertas atau tisu untuk menyerap minyak.
  • Setelah selesai, masukkan kue bidaran ke dalam toples kedap udara supaya bisa dinikmati sewaktu-waktu.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya