Cara Membuat Keripik Kentang Untuk Camilan Dirumah

Cara Membuat Keripik Kentang Untuk Camilan Dirumah – Camilan Nusantara


Keripik kentang sekarang banyak dijual dipasaran dengan berbagai aneka rasa yang membuat kita tergoda ingin mencoba mencicipi. Rasa yang ditawarkan pada umumnya gurih original kentang asli atau keripik kentang yang sudah ditambahkan perasa seperti bumbu barbeque, keju, bawang dan lain lain.

Kentang dikenal sebagai umbi yang memiliki tekstur lembut dan lunak sehingga mudah untuk dikonsumsi, demikian juga ketika sudah diolah menjadi keripik kentang akan menghasilkan tekstur keripik yang lembut serta renyah dimulut. Dari kerenyahan ini yang menyebabkan keripik kentang digemari oleh berbagai konsumen mulai dari anak anak hingga orang tua.

Keripik kentang secara metode pengolahan sebenarnya ada dua macam pertama adalah keripik kentang yang dirajang kemudian digoreng langsung, yang kedua keripik kentang dirajang direbus dijemur kemudian digoreng. Keripik kentang dengan cara pengolahan metode kedua bisa menghasilkan tekstur yang cukup unik dan berbeda.

Nah, sekarang kami akan membagikan cara membuat keripik kentang yang renyah untuk sahabat camil semua supaya bisa dipraktekkan di rumah. Lumayan kan bisa untuk stok camilan di rumah. Simak resepnya langsung yaa..

Bahan yang diperlukan :
  • 1/2 kg Kentang, kupas, cuci bersih.
  • 1 sdt Kapur sirih, larutkan ke air sedikit Air panas, secukupnya.
  • Minyak goreng, secukupnya.
  • Bumbu tabur (sesuai selera).

Cara Membuat :
  1. Ambil kentang, iris tipis.
  2. Rendam kentang dalam air panas lalu beri air larutan kapur sirih.
  3. Diamkan hingga kurang lebih 30 menit, kemudian angkat dan cuci bersih. Tiriskan.
  4. Goreng dalam minyak panas sampai kentang benar-benar terendam minyak. Gunakan api sedang.
  5. Tunggu hingga kentang benar-benar garing renyah dan berwarna kuning kecoklatan atau keemasan, angkat, tiriskan, taburi dengan bumbu keju bubuk atau menurut selera anda

Tips Membuat keripik kentang renyah :
1. Agar irisan kentang rata, gunakan alat pemotong yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Bisa dengan alat potong yang datar seperti keripik kentang lays atau yang bergelombang seperti chitato.
2. Kalau sobat onliners suka, kalian bisa melapisi kentang dengan campuran tepung beras atau tepung bumbu siap pakai, untuk rasa yang lebih renyah.
3. Selalu gunakan minyak goreng baru untuk menggoreng keripik kentang agar rasanya tidak berubah dan hasil gorengan keripiknya bersih, serta warnanya bisa bagus kuning keemasan.
4. Agar matang keripik kentang merata, gorenglah keripik kentang dalam minyak panas dan banyak, pastikan kentang benar-benar terendam minyak panas, juga jangan memasukkan kentang terlalu banyak ke dalam penggorengan.
5. Agar keripik kentang tidak lengket atau menempel satu dengan yang lainnya, masukkan kentang satu per satu saat minyak benar-benar sudah panas.
6. Agar keripik kentang tidak berminyak, setelah ditiriskan letakkan keripik kentang diatas loyang atau baki yang beralas kertas merang atau tisu agar sisa minyak terserap.
7. Agar tidak bosan terhadap rasa keripik kentang atau untuk memvariasikan rasa, padukan bahan keripik dengan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera anda, misalnya bumbu bubuk BBQ, bumbu rasa pizza, rasa bumbu thailand, bumbu rasa pedas, rasa keju, rasa jagung bakar atau bumbu rasa lainnya.
8. Supaya keripik kentang tetap renyah dan tahan lama, masukkan keripik dalam wadah stoples kedap udara dan bertutup rapat saat keripik dalam keadaan dingin. Pastikan saat toples ditutup, keripik yang ada di dalam stoples tidak menimbulkan uap (masih panas) atau embun yang bisa menyebabkan jamur, dan keripik cepat alot atau melempem.
9. Jika sebelum masa kadaluwarsa tiba tapi keripik kentang sudah melempem, alot atau tidak renyah, sebaiknya oven atau goreng kembali keripik kentang tersebut. Selamat Mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya