Trik Pemasaran Camilan Yang Bisa Mengalahkan Pesaing
Trik Pemasaran Camilan Untuk Mengalahkan Pesaing – CAMILAN NUSANTARA
Siapa yang tidak suka camilan? Panganan satu ini menjadi
primadona di waktu senggang kita. Makanan ringan satu ini sangat cocok jika
Anda sedang berkumpul bersama kerabat dekat. Keripik, snack, kacang, cheese
stick, dan masih banyak lagi jenis camilan yang biasa kita temui.
Banyaknya penikmat camilan membuat peluang bisnis di bidang ini
semakin terbuka. Berbagai macam camilan kini sudah banyak berkembang seiring
dengan banyaknya pengusaha di bidang panganan ringan ini. Banyaknya pelaku bisnis
camilan, membuat persaingan di bidang makanan ringan ini terus bertambah dan
semakin sengit setiap harinya. Untuk membuat produk anda lebih unggul dari produk
pesaing, berikut Trik Pemasaran Camilan Untuk Mengalahkan Pesaing yang perlu
anda ketahui :
1. Kemasan yang
Menarik
Tak dapat dielakan lagi, bahwa kemasan memang menjadi
penentu daya tarik konsumen dalam membeli segala jenis produk. Kemasan yang
menarik, unik, berbeda dengan yang
lainnya akan membuat konsumen merasa penasaran dengan produk yang Anda tawarkan
dan kemudian pasti ada hasrat membeli. Kemasan bisa dikatakan “pancingan” buat
konsumen agar produk yang Anda tawarkan dilirik oleh banyak orang. Buatlah
secara kreatif, simple, dan tentunya sesuaikan dengan segmen pasar Anda.
2. Quality
Control
Tentu bukan hanya tampilan semata yang Anda unggulkan, namun
kualitas atau cita rasa harus Anda perhatikan benar-benar. Penting bagi pelaku
usaha untuk menjaga kualitas rasanya. Penjagaan kualitas makanan menjadi salah
satu bagian penting untuk jalankan usaha. Karenanya, lakukan pengecekan
kualitas secara berkala. Sehingga pelanggan merasa puas dan nyaman untuk
mengonsumsi makanan Anda. Dari pelayanan-pelayanan minimal seperti ini, akan
meningkatkan kepuasan pelanggan.
Selain rasa, bahan-bahan yang digunakan sudah berdasarkan
standar kesehatan. Jika semua hal ini telah terjaga dengan baik, nama baik
usaha akan terus meningkat. Dan promosi makanan dapat dilakukan dengan mudah,
karena pelanggan akan memberikan iklan untuk usaha secara percuma.
3. Sediakan
Sample
Jika produk Anda belum banyak dikenal masyarakat, sample
merupakan hal wajib yang harus
disediakan. Sample ini bertujuan untuk memperkenalkan produk yang Anda tawarkan
kepada calon pelanggan. INGAT!!! Untuk memberi sample, produk yang Anda
tawarkan bukan hanya enak dimakan, tetapi juga mempunyai ciri khas agar
konsumen berpaling ke produk Anda.
4. Komunikasi dan
Promosi
Untuk pengembangan usaha dan mengenalkan camilan kepada
konsumen, komunikasi dan promosi menjadi sangat penting untuk Anda kerjakan.
Anda bisa membuat brosur atau selembaran
yang berisi produk yang ditawarkan atau dengan memanfaatkan media sosial.
Promosi dengan media sosial saat ini lebih digandrungi mengingat kemudahan dan
pengguna jejaring sosial ini sangat banyak. Cantumkan nomor kontak Anda
sehingga konsumen dapat dengan mudah bertanya atau membeli produk camilan Anda.
Buat juga kata-kata menarik untuk camilan Anda untuk menambah kesan menarik.
5. Product
Bundling
Product bundling adalah sebuah strategi yang dilakukan
dengan menjual dua atau lebih poduknya dalam satu kemasan atau satu harga. Biasanya
ini bisa Anda lakukan pada event-event tertentu seperti lebaran, natal, tahun
baru. Anda bisa mengemas dalam bentuk parcel dan hias dengan menarik sesuai
momen yang Anda tuju.
6. Terima Pesanan
Makanan ringan/camilan ini memang banyak sekali digemari di
acara-acara seperti ulang tahun, hajatan, hari raya besar, atau hanya untuk
camilan pribadi seseorang. Nah di sini Anda sebaiknya mengeruk keuntungan
lebih. Layanilah segala bentuk pesanan yang Anda terima. Untuk hajatan atau
hari raya besar, berikan kemasan yang berbeda sehingga menimbulkan kesan
menarik pada setiap penikmatnya. Manfaatkan
ula kemasan sebagai media promosi agar orang bisa lebih mengenal produk
Anda.
Baca Juga :
Komentar
Posting Komentar