Sabtu, 02 Februari 2019

MANFAAT KACANG POLONG BAGI TUBUH

INGIN TAHU MANFAAT KACANG POLONG BAGI TUBUH ANDA ?- CAMILAN NUSANTARA


Kacang polong merupakan isian dari ercis. Kacang polong memiliki jenis kulit yang lunak (peas). Kacang polong berbentuk bulat, berkerut, dan berwarna hijau. Kacang polong bertekstur tidak terlalu keras sehingga sering digunakan dalam masakan. Kacang polong banyak digunakan untuk masakan Eropa dan menjadi salah satu sumber makanan di negara barat. 
Kacang polong merupakan sayuran yang tahan lama dan realtif instan. Oleh sebab itu kacang polong sering dijual dalam keadaan mentah segar, baik kupasan atau masih berkulit. Tidak hanya itu, kacang polong juga dijual dalam keadaan matang sebagai camilan. 
Kacang polong memiliki banyak manfaat terutama bagi anak-anak sebagai penunjang perkembangan dan pertumbuhan. Berikut beberapa manfaat kacang polong :

1. Dapat Membantu Meningkatkan Masa Otot

Kandungan protein nabati kacang polong terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis sayur-sayuran lainnya. Pada100 gram kacang polong terkandung 8 gram protein nabati dan hampir setara dengan 28 gram daging sapi dengan kandungan protein 9 gram. Kandungan yang cukup tinggi ini dapat memenuhi kebutuhan protein kita sehari-hari. Dengan menambahkan kacang polong dalam menu makan kita dapat membantu menaikkan masa otot.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan omega 3 pada kacang-kacangan termasuk kacang polong mampu menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 adalah lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh akibat kolesterol.

3. Melindungi Mata

Karotenoid atau istilah lain dari betakaroten adalah zat alami yang terkandung dalam sayur atau buah-buahan yang memiliki warna merah, orange, atau kuning, juga termasuk hijau. Fungsi dari betakaroten ialah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A serta menjadi sumber utama vitamin A . Selain untuk mempertahankan kesehatan mata juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang bisa memberikan pertahanan tubuh menjadi lebih optimal.

4. Dapat Meregenarasi Kerusakan Sel Tubuh

Vitamin C adalah zat antioksidan yang berfungsi meregenarasi sel-sel tubuh kita yang rusak. Oleh karena itu Vitamin C sangat berguna untuk kecantikan, vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk memutihkan serta mengencangkan kulit..

5. Dapat Mencegah Osteoporosis
Folat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Folat yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta buah-buahan termasuk juga pada kacang polong dapat membantu perkembangan sel-sel tubuh. Selain baik untuk perkembangan bayi, juga bermanfaat untuk orang dewasa hingga manula. Hal ini terkait osteoporosis yang rentan terjadi pada orang dewasaa menjelang tua. 

6. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang berperan melawan lemak jahat atau kolesterol yang dapat menyebabkan beberapa penyakit pada tubuh seperti penyakit jantung.  Selain omega 3 kacang polong memiliki beberapa kandungan lainnya yang berguna untuk kesehatan jantung diantaranya fitonutrien, flavanol, dan sapion. Flavanol bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah, akibat resiko penyakit jantung. 

7. Mencegah Diabetes

Kacang Polong  mengandung sedikit kadar gula alami yang tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda menjadi naik. Manfaat kacang ini justru akan membantu menurunkan kadar gula yang tinggi. Mengosumsi kacang polong dengan rutin dapat mencegah penyakit Diabetes.

Beberapa manfaat kacang polong tersebut banyak yang tidak diketahui oleh kita, kacang polong dapat dijadikan sebagai alternatif pencegahan penyakit kronis. Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi kacang polong dalam keseharianmu ya! Semoga bermanfaat!


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar